Yahoo akan Hapus Fitur Grup dan Beberapa Layanan Lainnya

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 17 Oktober 2019
Per Senin (21/10) depan, pengguna tidak lagi bisa mengunggah konten ke grup Yahoo.
tirto.id - Yahoo akan menghapus konten-konten yang ada di grup Yahoo karena sudah tidak banyak lagi penggunanya, baik Yahoo Group maupun layanan perpesanan Yahoo, demikian The Verge mewartakan.

Dulu, Yahoo Group adalah ruang diskusi minat khusus seperti komunitas penggemar acara TV dan topik-topik komputasi culun.

Perusahaan telah memutuskan untuk menghapus riwayat internet semua grup Yahoo, termasuk ribuan konten dan berbagai topik. Selain itu, mereka juga akan menghapus layanan Yahoo Messenger mulai tanggal 14 Desember mendatang.

Per Senin (21/10) depan, pengguna tidak lagi bisa mengunggah konten ke grup Yahoo. Namun, pengguna masih bisa mencari grup direktori, mengirim permintaan untuk diundang dalam grup. Kendati demikian, Yahoo belum secara resmi mengumumkan penghapusan layanan ini,

Yahoo Group dirilis pada 2001 sebagai sebuah forum dan milis yang dengan cepat berkembang menjadi rumah komunitas-komunitas spesial. Namun, ada satu masalah utama dalam grup ini, yaitu jaringan sosial.

Grup Yahoo tidak cukup efektif dan efisien dalam menghubungkan orang per orang, terutama saat grup Facebook, Twitter, atau forum obrolan lainnya dianggap dapat lebih memenuhi kebutuhan pengguna secara efisien dan efektif.

Penghapusan Yahoo ini, Engadget melansir, akan turut menghapus beberapa riwayat penting di internet. Diperkirakan, Yahoo masih mengizinkan informasi-informasi ini diakses lewat fasilitas layanan Arsip Yahoo.

Berikut adalah fitur-fitur Yahoo yang juga akan dihapus:

1. File
2. Poling
3. Tautan
4. Foto
5. Folder
6. Kalender
7. Database
8. Lampiran
9. Percakapan
10. Update Surel
11. Message Digest
12. Riwayat Pesan


Baca juga artikel terkait YAHOO atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight