Menuju konten utama

Wings Food Sebut Konsumsi Mie Instan Meningkat 8,4% Saat Ramadan

Mie instan ternyata menjadi salah satu makanan pokok selama bulan puasa.

Wings Food Sebut Konsumsi Mie Instan Meningkat 8,4% Saat Ramadan
Heads of Marketing Foods Wings Group Indonesia, Katria Arintya Anindyantari pada Acara Buka Bareng Ramadhan (Bubaran), Minggu (23/03/2025). Tirto.id/Dwi Ayuningtyas

tirto.id - Berbeda dengan persepsi kebanyakan orang, masyarakat Indonesia faktanya suka mengonsumsi mie instan selama bulan puasa. Hal ini disampaikan oleh Head of Marketing Foods Wings Group Indonesia, Katria Arintya Anindyantari pada Acara Buka Bareng Ramadan (Bubaran), Minggu (23/03/2025)

"Justus mie instan itu menjadi salah satu makanan pokok yang ikut dimakan di bulan Ramadan," pungkasnya.

Dirinya menjelaskan, pada Ramadan tahun lalu terdapat peningkatan konsumsi mie instan di seluruh Indonesia sebanyak 8,4 persen. Menyadari potensi ini, Wings Food memutuskan untuk menghadirkan kampanye Ramadan 2025 dengan konsep yang lebih dekat dengan kebiasaan konsumennya, terutama Gen Z.

Untuk dapat menyuguhkan kampanye yang menghasilkan dampak maksimal, perusahaan melakukan riset untuk menggali kebiasaan konsumsi media Gen Z selama Ramadan. Meski terlihat kuat dan mandiri, Gen Z ternyata menyukai konten iklan yang menyentuh emosi alias "Cryvertising". Video yang menyajikan kisah haru, terutama yang bertemakan keluarga dan kebersamaan, lebih menarik perhatian mereka.

Kemudian, seiring dengan aktivitas yang lebih padat sepanjang bulan puasa, mereka mengutamakan efisiensi waktu dan memilih konten yang bersifat praktis. Mereka aktif mencari tips dan inspirasi ala "Ramadan Hacks", termasuk menu makanan sederhana yang mudah dibuat.

Gen Z juga cukup suka mengonsumsi konten religious. Jika generasi sebelumnya lebih sering mengikuti kajian atau ceramah langsung, Gen Z lebih memilih konten religi dalam format podcast. Mereka menikmati pembahasan spiritual yang lebih santai dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

“Jadi secara hearts and minds mereka punya desire gitu ya. Punya keinginan untuk kumpul bersama keluarga, kemudian untuk yang action-nya mereka juga aktif mencari tips dan inspirasi Ramadan, dan merencanakan jauh-jauh hari budget Ramadan yang telah disiapkan. Dan yang media habit-nya mereka tergerak dengan video yang menyentuh hati dan mengangkat tema Keluarga dan kebersamaan,” jelas Katria.

Berdasarkan temuan tersebut, Wings Food menghadirkan kampanye Cerita Sedaap Ramadan dalam format digital, yang terdiri dari empat episode bertemakan kebersamaan, inspirasi, dan makna Ramadan.

Selain itu, berbagai aktivasi offline juga telah berlangsung sejak awal Ramadan dengan total partisipasi lebih dari 35.000 orang. Beberapa kegiatan utama dalam kampanye ini termasuk kegiatan Munggahan dan Masjid to Masjid. Menjelang lebaran nanti juga aka nada kegiatan Pondok Rehat di beberapa rest area.

Baca juga artikel terkait MIE SEDAAP atau tulisan lainnya dari Tim Media Service

tirto.id - Bisnis
Penulis: Tim Media Service
Editor: Tim Media Service