Warga TPS 008 Gambir Diberikan Minuman Gratis oleh Sponsor

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 17 April 2019
Ada perusahaan sponsor yang memberikan minuman bermerek "Teh Pucuk" dan "Crystaline" ini kepada pemilih hingga wartawan yang meliput.
tirto.id - Warga yang menggunakan hak suara di TPS 008, Gambir Jakarta Pusat dibagikan minuman berupa air mineral dan teh dalam kemasan botol.

Sejumlah warga sejak pukul 07.00 WIB memang silih berganti mengantre di depan TPS yang terletak di Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) ini.

Staff Lembaga Administrasi Negara, Muhammad Yasin mengatakan, ada perusahaan sponsor yang memberikan minuman bermerek "Teh Pucuk" dan "Crystaline" ini kepada pemilih hingga wartawan yang meliput. Tepatnya ada 34 TPS di Jakarta Pusat yang kabarnya menerima sponsor minuman ini.

Ia juga memastikan bahwa minuman ini bukan berasal dari staf pemerintahan maupun tim kampanye. Ketika ditanya hubungannya dengan pemilihan umum, ia hanya menjawab,

"Mugkin hanya untuk memperkenalkan produk saja," ucap Yasin kepada reporter Tirto pada Rabu (17/4/2019).

Presiden sekaligus calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo sedianya akan mencoblos bersama istrinya, Iriana Joko Widodo di TPS 008 di Pelataran Gedung Lembaga Adminsitrasi Negara, Jalan Veteran Raya No. 10, Kelurahan Gambir, Jakarta.

Sejak pukul 07.00 WIB, TPS ini sudah dibuka, tetapi Jokowi dan keluarganya belum melakukan pencoblosan. Dari informasi yang dihimpun reporter Tirto, Jokowi dijadwalkan akan mencoblos pada pukul 11.00 WIB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada hari ini, Rabu, 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibuka pada pukul 07.00 WIB.

Pemilu 2019 kali ini melaksanakan pemilihan secara serentak mulai dari calon anggota legislatif (caleg) tingkat kota/kabupaten, provinsi, pusat, perwakilan daerah, hingga pasangan calon presiden dan wakil presiden.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno