Jelang Pencoblosan Jokowi Pukul 11.00, Warga Sudah Mulai Memilih

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Joko Widodo dan Iriana Jokowi dijadwalkan akan mencoblos pada pukul 11.00 WIB di TPS 008 di Pelataran Gedung Lembaga Adminsitrasi Negara, Gambir, Jakarta.
tirto.id - Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi) akan menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 2019.

Jokowi sedianya akan mencoblos bersama istrinya, Iriana Joko Widodo di TPS 008 di Pelataran Gedung Lembaga Adminsitrasi Negara, Jalan Veteran Raya No. 10, Kelurahan Gambir, Jakarta.

Sejak Rabu (17/4/2019) pukul 07.00 WIB, TPS ini sudah dibuka, tetapi Jokowi dan keluarganya belum melakukan pencoblosan. Dari informasi yang dihimpun reporter Tirto, Jokowi dijadwalkan akan mencoblos pada pukul 11.00 WIB.

Jokowi terdaftar dalam DPT nomor 154 sedangkan Iriana di nomor 155. Jumlah DPT di TPS ini adalah 198 orang dengan DPT tambahan 22 orang.

Menurut pengamatan reporter Tirto, TPS ini sudah dijaga ketat oleh paspampres. Mereka yang akan masuk harus terlebih dahulu melalui penyisiran paspampres dan pintu keamanan.

Menjelang pencoblosan petahana masyarakat sudah mulai menggunakan hak pilihnya. Mereka mengantre dari depan pelataran di depan pintu Gedung Lembaga Administrasi Negara. Ada yang hanya mendapatkan surat suara capres-cawapres saja karena berbeda DPT ada juga yang menggunakan form c6 sesuai kelurahannya.

Ketika pada Pemilu 2014 lalu Jokowi meninjau TPS-TPS yang ada di sekitarnya, Selasa kemarin, ia berencana untuk beristirahat setelah mencoblos.

"Habis nyoblos, tidur saja. Capek," ujar Jokowi di Halal Park pada Selasa (16/4/2019).

Pada Pilpres 2019 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan dua pasang calon yang akan memperebutkan jabatan kepresidenan. Paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Bersamaan dengan itu, KPU juga menyelenggarakan pileg bersamaan dengan Pilpres 2019.

Di TPS 17, Taman Suropati ketika ia mencoblos sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2014 lalu, perolehan suara pasangan Jokowi-JK meraup suara sebanyak 336 suara. Sementara, pasangan Prabowo-Hatta hanya memperoleh 136 suara.

Jumlah itu merupakan hasil pencoblosan dari 638 pemilih yang terdaftar dalam DPT lokasi itu. Sehingga terdapat 166 pemilih yang tak menggunakan hak suaranya.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno