Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat Banten di HUT RI Ke-77

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 17 Agu 2022 10:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir bersama Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat dari Provinsi Banten dalam acara HUT RI ke-77 di Istana Negara.
tirto.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri peringatan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Ma'ruf Amin hadir bersama Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat dari Provinsi Banten.

Mereka hadir sekitar pukul 9.45 WIB. Ma'ruf terlihat menggunakan pakaian adat tanah kelahirannya, terdiri atas Iket Lomar bermotif Tapak Kebo, Baju Dalam putih berkerah tinggi, Jas Hitam bermotif daun Hanjuang emas, Kain Samping bermotif serupa iket, serta celana dan sepatu hitam.

Sementara, Ibu Wury yang juga menggunakan kebaya putih dipadu kerudung hitam berbalut putih, serta selendang dan bawahan hitam bermotif batik emas. Sebelum memasuki mimbar kehormatan, Ma'ruf mengakui sudah menyiapkan baju adat tersebut jauh-jauh hari untuk mengikuti acara peringatan detik-detik proklamasi.

"Persiapan biasa dan memang sudah beberapa hari sudah disiapkan pakaiannya sehingga tadi pagi tinggal menggunakan saja," Kata Maruf Amin di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Ma'ruf berharap di moment kemerdekaan kali ini seluruh masyarakat bisa mempersiapkan diri mengajak seluruh warga membangun semangat kembali. Usai dihantam pandemi, saat ini masyarakat harus waspada untuk menghadapi krisis global pangan, energi, dan keuangan.

"Dulu 17 Agustus menghadapi musuh, kita sekarang menghadapi 2 hal yaitu pemulihan akibat terpaan COVID dan kita bersiap menghadapi tantangan baru krisis global pangan energi, krisis pangan, krisis keuangan," ungkapnya.

"Karena itu tema kita dalam menyambut ulang tahun ini pulih lebih cepat bangkit lebih kuat jadi kita ingin mempercepat, kita mengharapkan seluruh bangsa indonesia meninggalkan ego pribadi ego kelompok tapi kita bersama membangun nasionalisme membangun bangsa ke depan," pungkasnya.

Dalam pantauan, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju serta pejabat tinggi negara sudah hadir dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dengan pakaian adat. Mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang hadir dengan beskap Betawi. Dia hadir bersama anaknya, Didiet Prabowo yang mengenakan beskap Jawa.

Selain itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan hadir dengan pakaian adat Lampung, Menkumham Yasonna H. Laoly hadir dengan pakaian Bali, dan Ketua DPR Puan Maharani hadir dengan kebaya abu-abu.


Baca juga artikel terkait 17 AGUSTUS 2022 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight