Wapres Jusuf Kalla Dijadwalkan Hadiri GIIAS 2017 Hari Ini

Oleh: Maya Saputri - 11 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri ajang pameran otomotif itu hari ini, Jumat (11/8/2017).
tirto.id - Setelah batal membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri ajang pameran otomotif itu hari ini, Jumat (11/8/2017).

JK juga direncanakan akan membuka Konferensi Otomotif Internasional Gaikindo (GIAC) ke-12 di GIIAS 2017 hari ini.

GIIAS 2017 resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di ICE BSD City, Serpong, Tangerang, Kamis (10/8/2017).

Gelaran yang akan berlangsung hingga 20 Agustus 2017 itu sebelumnya dijadwalkan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, namun Wapres bertolak "pulang" ke kampung halamannya, Makassar, Sulawesi Selatan, untuk meresmikan perayaan puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22.

Meski batal dibuka Wapres, GIIAS 2017 masih memikul ambisi untuk menjadi ajang membesarkan industri otomotif Indonesia lewat tema "Rise of the Future Mobility" yang mereka usung.

Bahkan, Menteri Airlangga menitipkan harapannya kepada GIIAS 2017 dan industri otomotif pada umumnya untuk dapat melangkah maju sehingga bisa bersanding setara dengan industri otomotif global.

"Selamat kepada pameran GIIAS yang telah berlangsung selama 25 tahun, kami harapkan pameran ini dapat memberikan dampak yang positif dalam memperkenalkan produk dan tren teknologi baru," kata Airlangga, seperti diberitakan Antara.

Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi, dalam kesempatan yang sama menyampaikan harapan peran aktif dan dukungan pemerintah dalam membangun dan mengembangkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan.

"Kami berharap ke depannya pemerintah dapat merancang kebijakan-kebijakan yang dapat memberikan dampak positif terhadap industri otomotif Indonesia. Dengan demikian dapat menjadi dorongan untuk tumbuhnya pasar domestik serta upaya peningkatan ekspor industri otomotif Indonesia," katanya.

Penyelenggara pameran menyatakan setidaknya akan ada 40 kendaraan terbaru dari berbagai agen pemegang merek yang akan dipamerkan di GIIAS 2017.

"Tidak kurang 40 produk baru dan konsep akan dikenalkan selama GIIAS 2017," kata Ketua Penyelenggara GIIAS 2017 Rizwan Alamsjah selaku di Jakarta Selatan.

Rizwan juga menjelaskan bahwa 42 merek kendaraan roda dua dan roda empat akan mengikuti pameran itu. Rinciannya, 24 merek mobil penumpang, delapan merek kendaraan komersial dan 10 merek sepeda motor.

Baca juga artikel terkait GIIAS 2017 atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight