Wamendes Paiman Raharjo Janji Perkuat Desa yang Bertumbuh Lambat

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 17 Jul 2023 15:52 WIB
Wamendes Paiman Raharjo menilai pertumbuhan desa lambat akibat kurangnya dorongan dari badan usaha milik desa (Bumdes).
tirto.id - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo berjanji memperkuat desa-desa yang memiliki pertumbuhan lambat.

"Arahan presiden saat saya dihubungi bahwa untuk memperkuat di kementerian desa bahwa banyak desa-desa yang saat ini memang tingkat pertumbuhannya masih lambat," kata Paiman usai dilantik sebagai Mendes PDTT di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Paiman akan memaksimalkan penyaluran dana desa yang meningkat, namun ada penurunan penyaluran dana desa selama 2022. Ia menilai pertumbuhan desa lambat akibat kurangnya dorongan dari badan usaha milik desa (Bumdes). Untuk itu ia juga akan mendorong dalam pembinaan desa agar pertumbuhannya meningkat.

"Jadi kalau kita lihat pertumbuhan desa itu masih lambat oleh karena itu bagaimana memaksimalkan bumdes-bumdes sehingga perekonomian lokal itu akan tumbuh dan berkembang sehingga bisa mendukung pembangunan nasional," kata Paiman.

Paiman mengaku kerap berbicara dengan Budi Arie yang sebelumnya menjadi Wakil Menteri Desa PDTT.

Sebagai catatan, Budi kini menjabat sebagai Menkominfo usai dilantik bersama Paiman. Ia pun akan berkomunikasi dan sinergi dengan pekerjaan menteri.

"Nanti saya akan koordinasi dengan pak menteri, kareja pak menteri saat ini masih ada di luar negeri, sehingga saya harus menunggu arahan dari pak menteri," kata Paiman.



Baca juga artikel terkait RESHUFFLE KABINET atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight