Waktu yang Tepat Tes Kehamilan dengan Test Pack pada Pagi Hari

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 3 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Waktu yang tepat tes Kehamilan dengan test pack atau tespek pada pagi hari.
tirto.id - Bagi suami istri, memutuskan melakukan tes kehamilan mungkin merupakan suatu hal yang mendebarkan. Bahkan ada juga pasangan yang ingin segera melakukan tes kehamilan, hanya saja ada beberapa waktu dan kondisi untuk melakukan tes kehamilan agar lebih akurat.

Tes kehamilan, seperti dikutip Very Well Family, dapat terdeteksi dari urine dengan menggunakan test pack atau tespek.

Biasanya, kehadiran hCG dalam urine dianggap sebagai tanda positif kehamilan. Tespek hanya akan mendeteksi apakah terdapat hCG dalam urine, bukan tingkat kadar hCG.

Kadar hCG terdeteksi pada 7 hingga 12 hari setelah implantasi telur berhasil. Implantasi terjadi 8 hingga 10 hari setelah ovulasi.

Setelah implantasi, level hCG mulai berlipat ganda setiap 48 jam. Pada titik ini, tes kehamilan akan dapat mengukur kadar hCG, memastikan hasil yang positif.

Jika terlalu cepat mengecek setelah berhubungan seks, bisa jadi tubuh belum mengembangkan hormon kehamilan hCG.

Pada 8 sampai 10 minggu pertama kehamilan, kadar hCG biasanya meningkat sangat cepat dan puncaknya pada sekitar minggu ke 10 kehamilan, dan kemudian secara bertahap menurun sampai persalinan.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, sebaiknya tunggu hingga seminggu setelah periode masa haid atau biarkan setidaknya satu hingga dua minggu berlalu setelah berhubungan seks untuk mendeteksi tes kehamilan.

Selain itu, banyak ahli menyarankan untuk melakukan tes kehamilan di pagi hari pada kencing pagi pertama. Kencing pertama di pagi hari memiliki konsentrasi hCG tertinggi.

Namun ini tidak berlaku jika terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Kemudian, usahakan tidak minum terlalu banyak saat hendak melakukan tes kehamilan, karena dapat membuat urine lebih encer dan memengaruhi hasil tes.

Jika urine pagi terlewat, maka dapat melakukan tes kehamilan dengan urine setelah empat jam tidak ke kamar mandi.

Sebelum melakukan tes kehamilan dengan tespek, maka dapat melakukan beberapa hal sederhana berikut ini seperti dikutip dari Healthline

  1. Baca dengan cermat instruksi yang disertakan dalam tespek sebelum mengumpulkan sampel urine.
  2. Pastikan tanggal kedaluwarsa tespek belum berlalu.
  3. Gunakan urine pagi pertama setelah haid pertama yang terlewat.
  4. Jangan minum banyak cairan sebelum mengambil sampel urine karena ini dapat mengencerkan kadar hCG dan membuatnya sulit dikenali.













Baca juga artikel terkait WAKTU TEPAT TES KEHAMILAN atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight