Wagub Riza Imbau Warga DKI Tak Melancong saat Libur Panjang Oktober

Oleh: Riyan Setiawan - 23 Oktober 2020
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengimbau agar warganya tidak pergi melancong ke luar kota saat libur panjang 28-31 Oktober 2020.
tirto.id -
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengimbau agar warga DKI tidak pergi melancong ke luar kota saat libur panjang 28-31 Oktober 2020.

Sebab, menurutnya, jika mengacu pada dua kali libur panjang selama pandemi COVID-19 ini, terjadi peningkatan kasus Corona yang cukup tinggi. Pasalnya, banyak warga DKI yang melancong ke luar kota selama masa libur panjang.

"Kami minta warga Jakarta sedapat mungkin kalau bisa diurungkan niat libur panjangnya, cukup liburan di rumah bersama keluarga, berkumpul sama keluarga jauh lebih baik," kata Riza di Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (23/10/2020).

Politikus Partai Gerindra itu mewanti-wanti, jangan sampai saat kasus positif COVID-19 di DKI sudah melambat, malah menjadi kembali meningkat lantaran warga Jakarta berlibur ke luar kota.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Riza menginstruksikan kepada jajarannya agar melakukan kampanye, sosialisasi, dan mengimbau kepada seluruh warga DKI agar tidak berlibur ke luar kota.

"Tentu kami enggak bisa memaksa [karena] itu wewenang hak setiap warga. Namun demikian, kami mohon dengan sangat agar dapat dipertimbangkan secara matang untuk libur yang ini lebih baik dimanfaatkan untuk kumpul di lingkungan keluarga masing-masing atau digunakan untuk kepentingan lainnya untuk menghindari ke luar kota," tuturnya.

Riza juga mengklaim pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Pusat ihwal mengantisipasi warga DKI akan berlibur ke luar kota.

"Kami sudah koordinasi terus dengan pemerintah daerah dan pusat," klaim dia.


Baca juga artikel terkait CUTI BERSAMA OKTOBER 2020 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri
DarkLight