Pandemi COVID-19

Wagub DKI Sebut Belum Ada Indikasi Kasus COVID-19 Naik Usai Demo

Oleh: Riyan Setiawan - 23 Oktober 2020
Wagub DKI Ahmad Riza Patria berkata justru usai unjuk rasa yang terjadi dua minggu terakhir, kasus positif COVID-19 di DKI cenderung menurun.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan usai demonstrasi tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja beberapa hari lalu belum ada tanda-tanda peningkatan kasus positif COVID-19 akibat aksi massa tersebut di ibu kota.

“Alhamdulilah sampai hari ini belum ada tanda-tanda peningkatan," kata Riza di Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (23/10/2020).

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan justru usai unjuk rasa tersebut kasus positif COVID-19 di Jakarta cenderung menurun.

Berdasarkan data Satgas COVID-19, DKI per hari ini memang tercatat sebagai provinsi tertinggi yang menyumbang kasus baru, yaitu 952 pasien. Namun angka ini justru menurun dibandingkan seminggu terakhir yang rata-rata di atas 1.000-an kasus.

“Justru yang terjadi kecenderungannya menurun, kami bersyukur angka di nasional kasus aktif atau kasus positif aktif juga menurun," ucap Riza.

Kendati demikian, Riza tidak menjelaskan secara detail perihal belum adanya penambahan kasus positif COVID-19 dan cenderung menurun usai aksi massa tolak omnibus law. Ia hanya berharap kasus positif COVID-19 di Jakarta dan daerah lainnya terus menurun.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus melakukan olahraga yang cukup dan meningkatkan protokol kesehatan 3M: Mengunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Sekali lagi bagi masyarakat melaksanakan protokol kesehatan," tutur dia.



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight