Virus Corona Hari Ini: 1.368 Meninggal, 60.329 Terinfeksi COVID-19

Penulis: Dipna Videlia Putsanra , tirto.id - 13 Feb 2020 10:52 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Virus corona menyebabkan lebih dari 1.000 orang meninggal hingga Kamis pagi.
tirto.id - Jumlah korban meninggal akibat COVID-19 yang disebabkan virus corona mencapai 1.368 orang dan 60.329 orang terinfeksi COVID-19 hingga Jumat (13/2/2020) pukul 10.30 WIB. Korban meninggal paling banyak terdeteksi di Hubei, Cina, menurut data dari Johns Hopkins CSSE.

Sebanyak 5.995 orang berhasil sembuh. Jumlah ini meningkat sekitar 1.296 berdasarkan data pada Rabu (12/2/2020) pagi. Sejauh ini, jumlah korban meninggal paling banyak dilaporkan di Hubei, Cina sejumlah 1.310.

Provinsi Hubei Cina telah melaporkan 242 kematian dan 14.840 orang terinfeksi COVID-19 pada Kamis (13/2/2020). Ini merupakan kenaikan terbesar dalam satu hari sejak wabah mulai diketahui pada Desember 2019.

CNN.com mewartakan, pihak berwenang Cina melanjutkan tindakan darurat dan pencegahan penyebaran dengan ketat. Konsekuensi dari aturan ini adalah ribuan orang yang terdampar di laut tanpa tempat berlabuh.

Ribuan orang masih terdampar di dua kapal pesiar, satu berlabuh di Jepang dan dikarantina, lainnya yang ditolak masuk di beberapa pelabuhan tetapi telah diberi izin oleh Kamboja untuk berlabuh di negara Asia Tenggara.

Seorang pejabat WHO mengatakan, terlalu dini untuk memprediksi akhir dari wabah baru coronavirus ini. Ia hanya mengatakan, semua orang harus "sangat berhati-hati."

United Airlines memperpanjang penangguhan penerbangan ke Cina dan Hong Kong hingga 24 April. Daftar tujuan yang ditangguhkan adalah Beijing, Chengdu, Shanghai, dan Hong Kong.

United hanyalah salah satu dari banyak maskapai penerbangan internasional yang menangguhkan, mengurangi, atau sepenuhnya menarik rute ke Cina dan wilayah sekitarnya.

Sejumlah pesawat milik Lufthansa Group, yakni Lufthansa, Swissair, dan Austrian Airlines juga tidak membuka rute penerbangan menuju Beijing dan Shanghai hingga 29 Februari, sedangkan tujuan Nanjing, Shenyang, dan Qingdao hingga 28 Maret.

Air France membatalkan semua penerbangannya ke Wuhan hingga 29 Maret meskipun tidak ada kejelasan sampai kapan Ibu Kota Provinsi Hubei yang dinyatakan sebagai episentrum 2019-nCoV itu dibuka kembali.

Korean Air dari Incheon ke Wuhan batal terbang hingga 27 Maret diikuti pembatalan lainnya dari Busan dan Jeju menuju Huanghshan, Zhangjiajie, Changsha, Kunming, Qingdao, Nanjing, Beijing, Shanghai, Shenzhen, Shenyang, Hefei, Hangzhou, Xiamen, Jinan, Tianjin, Weihai, Xi'an, dan Zhengzhou.

Hong Kong memperpanjang penangguhan sekolah hingga setidaknya tanggal 16 Maret karena virus corona, menurut Sekretaris Pendidikan Kevin Yeung pada konferensi pers, Kamis (13/2/2020). Sekolah-sekolah sebelumnya diliburkan hingga 2 Maret, tetapi diundur karena wabah. Siswa bisa mengikuti kelas melalui e-learning.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH

DarkLight