Viral Bayi 7 Bulan Minum Kopi Saset: Bahaya & Penjelasan Dokter

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 24 Jan 2023 09:41 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berita viral terbaru bayi 7 bulan minum kopi saset, menurut dokter spesialis anak bayi sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi caffeine.
tirto.id - Warganet kembali dihebohkan dengan sebuah postingan di media sosial Tiktok soal video seorang anak kurang lebih berusia tujuh bulan yang diberi minum kopi saset merek tertentu.

Dalam unggahan video tersebut tampak seseorang yang tengah menyeduh kopi saset dan memberikannya pada seorang bayi.

Selain itu, dalam video yang diunggah oleh pemilik akun kayess9 juga tertulis bahwa ia memberi kopi pada anaknya karena dalam kopi tersebut sudah terkandung susu. Menurutnya usai diberikan kopi anaknya yang sebelumnya BAB 10 kali kini perhari BAB menjadi 9 kali.


“Kemarin bayi BAB 10x (kali) sehari, alhamdulillah sejak minum susu, kopi dan sekarang BAB 9x (kali) sehari,” tulis akun akun kayess9.

Lantas, apakah benar bayi boleh diberikan kopi susu atau kopi saset?

Penjelasan dokter anak soal berita viral terbaru bayi 7 bulan minum kopi saset



Dokter Spesialis Anak, dr. Devie Kristiani, Sp.A (K) saat dihubungi redaksi Tirto menjelaskan bahwa bayi sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi caffeine.

"Menurut American academy of pediatrics, bayi dan anak-anak tidak disarankan mengonsumsi caffeine yang terkandung di dalam makanan atau minuman yang mengandung kopi," tegasnya.

Ia juga menjelaskan, kafein adalah stimulan untuk sistem saraf dan jantung atau pembuluh darah. Sehingga pada sebagian orang dewasa yang mengonsumsi kopi atau kafein bahkan bisa mengalami insomnia, berdebat, hingga tremor.

Lantas bagaimana dampak anak atau bayi yang mengonsumsi kopi?


Bahaya anak dan bayi minum kopi saset



Devie menjelaskan bahwa bayi dan anak yang mengonsumsi kafein mungkin akan mengalami beberapa masalah kesehatan, di antaranya

1. Iritabilitas

2. Gangguan tidur dan mood

3. Gelisah

4. Tremor

5. Jantung berdebar-debar dan gangguan irama jantung

6. Nyeri kepala

7. Peningkatan hormon stres

8. Gangguan saluran cerna karena meningkatnya risiko refluks asam lambung

9. Dehidrasi karena kafein merangsang diuresis (banyak kencing)

"Dan satu lagi, kafein adalah zat adiktif, bayi atau anak yang sering diberi kafein, bisa menunjukkan tanda-tanda menginginkan konsumsi berlebihan dari kafein dan meningkatkan efek samping di atas," katanya.

Sementara itu, terkait video viral bayi minum kopi saset, Devie menegaskan bahwa selain itu tak direkomendasikan, dalam kopi saset juga terkandung gula dan tidak disarankan bayi di bawah 1 tahun diberi gula.

"Apalagi kopi saset yang mengandung banyak gula. Bayi di bawah 1 tahun, tidak disarankan minum minuman yang mengandung gula tambahan. Meningkatkan risiko obesitas dan gangguan metabolik di kemudian hari," tegasnya.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight