Vaksinasi Corona Surabaya 22-24 Juli 2021: Jadwal, Syarat, Lokasi

Oleh: Yantina Debora - 21 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Vaksinasi corona Surabaya untuk masyarakat umum dengan usia 12 tahun ke atas dilaksanakan pada 22-24 Juli 2021. Daftar di vaksinsjkjatim.com.
tirto.id - Vaksinasi corona atau Covid-19 gratis bakal digelar di Surabaya pada 22 - 24 Juli 2021 bagi warga umum dengan usia di atas 12 tahun.

Dikutip dari pengumuman yang diunggah Dinas Kesehatan Kota Surabaya, lokasi vaksinasi corona ini di Convention Hall, Grand City Mall Surabaya mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB.

Syarat mengikuti vaksinasi Surabaya ini yaitu Anda belum pernah mendapatkan vaksinasi sebelumnya dan berusia 12 tahun ke atas.

Bagi peserta yang belum memiliki KTP dapat didaftarkan menggunakan NIK yang ada di kartu keluarga (KK). Pastikan nomor ponsel yang didaftarkan dalam kondisi aktif dan dapat menerima SMS undangan.

Bagi calon peserta vaksinasi dengan KTP luar Surabaya dapat membawa surat keterangan domisili dari kelurahan atau surat keterangan kerja dari perusahaan.



Program vaksinasi corona Surabaya ini gratis atau tidak dipungut biaya. Jenis vaksin yang digunakan yaitu Vaksin Sinovac.

Kuota yang tersedia terbatas. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website https://vaksinsjkjatim.com/. Silahkan pilih umum untuk melakukan pendaftaran bagi masyarakat umum.

Dikutip dari covid19.go.id, vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman.

Apabila vaksin ini diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksinasi adalah pemberian Vaksin dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

Vaksin bukan obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular atau kemungkinan sakit berat.

Bagaimana Vaksin bisa bekerja dalam tubuh untuk melindungi manusia?

1. Vaksin adalah produk biologi yang diberikan kepada seseorang untuk melindunginya dari penyakit yang melemahkan, bahkan mengancam jiwa;

2. Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan terhadap penyakit tertentu pada tubuh seseorang;

3. Tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali dan tahu cara melawannya.


Baca juga artikel terkait VAKSIN CORONA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yantina Debora
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight