Pandemi COVID-19

Update Sebaran Pasien Positif Corona yang Menjangkiti 13 Provinsi

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 18 Mar 2020 17:52 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Total 13 provinsi persebaran pasien positif virus corona baru atau COVID-19 yang dikonfirmasi pemerintah.
tirto.id - Jumlah pasien positif virus corona baru atau COVID-19 terus bertambah. Hingga Rabu sore, 18 Maret 2020, pemerintah mengumumkan terdapat 227 orang yang dinyatakan positif corona. Dari data tersebut, 19 orang meninggal dan 11 lainnya sembuh.

Juru bicara pemerintah terkait COVID-19 Achmad Yuriyanto mengatakan persebaran pasien positif corona tidak hanya di Pulau Jawa dan Bali, melainkan sudah merambah Sumatra dan Kalimantan.

“Sumatera Utara 1 kasus positif, Lampung 1 kasus positif, Riau 1 kasus positif, Kalimantan Timur 1 kasus positif," kata Yuri di kantor BNPB, Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Dengan demikian, total yang telah mengkonfirmasi kasus positif corona menjadi 13 provinsi, yaitu: Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, DI Yogyakarta, Riau, Sumatra Utara, Lampung, dan Kalimantan Timur.

Selain 4 orang tersebut, Yuri mengatakan kasus baru lainnya berada di Banten (4 kasus), Yogyakarta (1 kasus), Jawa Barat (12 kasus) Jawa Tengah (2 kasus). Kasus terbanyak diperoleh di DKI Jakarta dengan total 30 kasus.

"Kemudian dari proses penyelidikan epidemologi yang kita lakukan dan kemudian kemandirian yang bersangkutan. Jadi ini bukan pasien RS yang datang kemudian kami periksa, kami temukan ada 2 kasus positif," kata Yuri.

Yuri mengatakan, total kasus yang ditangani mencapai 227 kasus. Dari 227 kasus, 11 kasus dinyatakan sembuh dengan rincian 1 kasus di Banten, 9 kasus di Jakarta dan 1 kasus di Jawa Barat.

Sementara itu, untuk kasus meninggal, ada lonjakan dari 7 kasus menjadi 19 kasus. Rinciannya: 1 kasus di Bali, 1 kasus di Jawa Barat, 1 kasus di Banten, 2 kasus meninggal di Jawa Tengah, 1 kasus meninggal di Jawa Timur, 1 kasus meninggal di Sumatera Utara, dan kasus meninggal di Jakarta sebanyak 12 kasus.








Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz

DarkLight