Hardiknas 2023

Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional & Quotes Hardiknas 2023

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar, tirto.id - 1 Mei 2023 10:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Contoh ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional yang dapat digunakan untuk berbagi semangat dalam memperingati hari besar Mei Hardiknas ini.
tirto.id - Contoh ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional dapat digunakan untuk berbagi semangat dalam memperingati hari besar Mei Hardiknas ini.

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan salah satu hari nasional yang ditetapkan untuk memperingati hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara, salah satu tokoh pelopor pendidikan di Indonesia sekaligus pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Hardiknas merupakan hari nasional yang bukan hari libur tanggal merah.

Ki Hadjar Dewantara lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889 dengan nama asli R. M. Suwardi Suryadiningrat.

Ia mengenyam pendidikan di STOVIA namun tidak dapat diselesaikan karena sakit. Ia kemudian bekerja sebagai wartawan untuk beberapa surat kabar seperti De Express, Utusan Hindia, dan Kaum Muda.

Saat era kolonial Belanda, ia merupakan tokoh yang berani menentang kebijakan pemerintah Hindia Belanda yang hanya membolehkan anak-anak Belanda atau kaum priyayi untuk mengenyam pendidikan. Kritiknya ini membuat ia bersama dua rekannya, Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkoesoemo, diasingkan ke Belanda. Mereka bertiga kemudian dikenal sebagai "Tiga Serangkai".

Setelah kembali ke Indonesia, ia membuat lembaga pendidikan Perguruan Nasional Taman Siswa. Ki Hadjar Dewantara juga yang mencetuskan tiga semboyan pendidikan dalam bahasa Jawa yaitu ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Tiga semboyan itu memiliki arti di depan memberi teladan yang baik, di tengah harus menciptakan ide, dan dari belakang harus memberikan dorongan atau arahan.



Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional & Quotes Hardiknas 2023

Berikut ini adalah beberapa contoh ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional dan quotes Hardiknas 2023.

"Belajar adalah hiasan dalam kemakmuran, perlindungan dalam kesulitan dan tunjangan di masa tua. Belajarlah dari masa lalu jika kita ingin mendefinisikan masa depan. Selamat Hari Pendidikan Nasional."

"Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei 2023, dengan pendidikan yang baik akan membuka pikiran, bukan menutup pikiran seperti parasut hanya berfungsi ketika dalam keadaan terbuka."

"Pendidikan tidak lagi murah, hanya kemurahan hati untuk membagi ilmu dan pengetahuan bagi merek yang tidak sempat merasakan dunia pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional."

"Selamat hari pendidikan nasional. Mari dukung dan teruskan harapan agar pendidikan bagi setiap anak Indonesia merata hingga ke penjurunya."

"Mari peringati Hari Pendidikan Nasional dengan mengingat kembali makna esensi pendidikan sebagai nafas kehidupan seorang manusia."

"Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa bahagia baginya." – Raden Ajeng Kartini.

"Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.” – Ki Hadjar Dewantara

"Betapa mahalnya ongkos pendidikan sekolah bagi sebuah negara miskin; tapi juga betapa omong kosongnya sistem sekolah itu untuk menghilangkan jurang kemiskinan tersebut.” – Goenawan Mohamad

"Di dalam hidupnya anak-anak adalah tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam keluarga, alam perguruan dan alam pergerakan pemuda." – Ki Hajar Dewantara

"Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan." – Bob Sadino.


Baca juga artikel terkait HARI PENDIDIKAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Muhammad Iqbal Iskandar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight