Ucapan Idul Fitri 2020 Sugeng Riyadi & Eid Mubarak Ramaikan Twitter

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 24 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ucapan Idul Fitri 2020 meramaikan media sosial Twitter dengan tagar #EidMubarak.
tirto.id - Idul Fitri 2020 dirayakan dengan cara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sebab adanya pandemi virus corona COVID-19. Momen bersilaturahmi ke rumah sanak saudara harus dilakukan secara virtual guna memutus rantai penyebaran virus corona dengan cara social distancing.

Hal ini mendorong warganet untuk bersilaturahmi virtual, salah satunya melalui media sosial Twitter dengan berbagai tanda pagar. Menurut pantauan Tirto pada Minggu (24/5/2020), ucapan Idul Fitri "Sugeng Riyadi" menjadi trending topic nomor satu di Indonesia dengan 5.927 twit hingga pukul 08.20 WIB.

Selain "Sugeng Riyadi" ucapan lain yang digunakan adalah tanda pagar #EidMubarak. Salah seorang tokoh yang menggunakan tanda pagar ini adalah politikus Amerika Serikat, Joe Biden.


Tanda pagar #dirumahaja juga banyak digunakan warganet, salah satunya akun atas nama farah @fxrxzzzh yang mencuit, "solat ied pun #dirumahaja." Ia memposting itu disertai foto keluarganya sesuai salat Ied di rumah.

Akun @zakiyaliya juga mengunggah foto salat Ied di rumah dengan caption "Sholat Ied #dirumahaja." Menurut pengamatan Tirto, banyak warganet yang mengunggah foto salat Ied di rumah bersama keluarganya.

Ucapan "Selamat Lebaran" juga menjadi trending topic Twitter di Indonesia, salah satunya datang dari dr. Shela Putri Sundawa @oxfara yang mencuitkan "Baru kali ini lebaran pake baju tidur. Silaturahmi cukup dari atas kasur. Mohon maaf lahir dan batin tweeps. Selamat lebaran!"

Cara Membuat Ucapan Idul Fitri 2020


Jika Anda ingin membuat ucapan Idul Fitri 2020 dalam bentuk kartu dengan gambar bertema Idul Fitri, Anda bisa membuatnya lewat ponsel pintar dan mengirimkannya pada sanak saudara serta rekan-rekan.

Berikut ini kumpulan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri hanya dengan bermodal ponsel, seperti dilansir Antara News.

1. Aplikasi edit foto bawaan
Setiap ponsel umumnya memiliki fitur bawaan untuk mengedit foto, misalnya untuk memotong foto. Cara melihat fitur ini, buka foto dari galeri dan cari opsi atau ikon untuk mengedit.

Gunakan foto yang ingin dijadikan latar kartu digital, misalnya foto sekeluarga usai shalat Ied, dan beri teks ucapan Lebaran.

2. PicsArt
Aplikasi PicsArt sebenarnya ditujukan untuk menyunting gambar, namun, mereka memiliki opsi membuat gambar dari kanvas kosong. Pengguna bisa memasukkan template dan background yang diinginkan lalu diberi teks.

PicsArt juga memiliki fitur kuas sehingga pengguna bisa membuat gambar sendiri atau tulisan tangan.

3. Canva
Aplikasi ini dapat dipakai untuk membuat kartu ucapan, flyer hingga poster hanya dengan menggunakan ponsel. Canva menyediakan template kartu ucapan untuk berbagai momen, termasuk Hari Raya Idul Fitri.

Template ucapan Lebaran yang disediakan Canva seluruhnya berbahasa Inggris, namun, pengguna bisa mengedit teks tersebut dan menggantinya dengan ucapan yang diinginkan.

4. Overlay
Aplikasi mengedit foto ini memiliki fitur untuk menambahkan teks ke foto yang diinginkan. Ucapan "Selamat Lebaran" yang dibuat lewat aplikasi ini juga dapat dihiasi bingkai yang lucu.

5. Snapseed
Aplikasi mengolah foto buatan Google ini memiliki banyak pilihan untuk filter dan tone warna untuk mengatur kecerahan gambar. Selain itu, Snapseed dibekali fitur teks yang dapat digunakan untuk menulis ucapan Lebaran.

Teks dari Snapseed sudah dihiasi dengan bingkai atau balon ucapan seperti di komik.


Baca juga artikel terkait IDUL FITRI 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight