Twibbon HUT Bank Indonesia 2022 dan Cara Menggunakannya

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum, tirto.id - 4 Jul 2022 15:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Twibbon HUT Bank Indonesia ke-69 2022 dan cara menggunakannya.
tirto.id - HUT ke 69 tahun Bank Indonesia diperingati pada 1 Juli 2022. Bank Indonesia merupakan Bank Sentral yang bersifat independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Independen yang dimiliki BI berasal dari dasar hukum Undang-Undang Republik Indonesia No. 6/ 2009. Sebagai salah satu lembaga yang independen, Bank Indonesia terbebas dari campur tangan Pemerint​​ah dan atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal dalam menjalankan tugas dan kewenangannya secara efektif dan efisien.

Sebagai salah satu lembaga yang independen, BI memiliki satu tujuan tunggal dalam menjalankan aktifitasnya yakni mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Sebagai usaha untuk dapat mencapai tujuan tersebut, BI mengupayakan dengan melakukan pengelolaan dalam tiga bidang yakni Moneter, Sistem Pembayaran, dan Stabilitas Sistem Keuangan.

Ketiga bidang tugas tersebut perlu diintegrasi agar tujuan tunggal dapat dicapai secara efektif dan efisien. Ketahui lebih lanjut mengenai profil organisasi, sejarah, dan transformasi Bank Indonesia melalui menu berikut.

Diusia 69 tahun, BI terus melakukan perbaikan yang dilakukan oleh seluruh tim yang terlibat dalam pelaksanaan aktifitas BI. Adapun kegiatan yang harus dilakukan yakni terus merunduk dan bersyukur, memperkuat komitmen, dan menyiapkan langkah yang lebih baik ke depan, demikian di sampaikan oleh Gubernut BI, Perry Warjiyo.

Melalui siaran Pers, Gubernur BI, Perry Warjiyo juga mengemukakan komitmennya yakni "terus menjaga stabilitas ekonomi, mendorong digitalisasi, dan secara konkrit berkinerja baik," pada acara pemotongan tumpeng yang sekaligus sebagai tanda syukur dan dimulainya perayaan HUT BI, di Gedung Bank Indonesia (1/7).

Twibbon HUT Bank Indonesia ke-69 dan Cara Menggunakannya


Memasukki tahun ke-69, BI mengusung tema “Mendorong Talenta Bank Indonesia menjadi insan Bank Sentral Digital Masa Depan yang Kredibel untuk Menjaga Stabilitas dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Maju."

Mewujudkan tema HUT ke-69, BI tidak hanya melibatkan pihak internal namun juga mengajak seluruh pihak eksternal terutama kaum muda dan nasabah BI untuk ikut serta mewujudkan tema tersebut yakni dengan berpartisipasi untuk menggunakan twibbon HUT BI. Berikut cara menggunakan twibbon HUT BI ke-69:

1. Buka Link Resmi Twibbon HUT BI ke-69.

2. Jika sudah, pada link tersebut terdapat 3 jenis twibbon yang bisa dipilih dan digunakan sesuai dengan karakter Anda.

3. Jika sudah menentukan pilihan, pada web tersebut terdapat Menu "PILIH FOTO." Untuk menggunakannya, Anda perlu mengklik menu tersebut untuk memasukkan foto yang akan digunakan.

4. Unggahlah foto dari perangkat Anda, kemudian "Klik Selanjutnya," jika foto sudah sesuai.

5. Tunggulah sampai Twibbon selesai di proses. Anda akan menemukan Menu "UNDUH," jika Twibbon sudah selesai di proses.

6. Unduhlah twiboon, untuk selanjutnya diunggah di media sosial yang Anda inginkan.

Selain keikutsertaan dan partisipasi dengan menggunakan Twibbon, BI juga mengajak pihak eksternal untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan lainnya seperti kepedulian sosial dari berbagai agama, apresiasi kepada Dokter dan Tenaga Kesehatan, serta keluarga pahlawan dan Veteran RI.

Dalam rangka merayakan HUT ke-69, BI juga melakukan kegiatan mengajar ke penjuru negeri, donasi sosial, peluncuran tagline Perlindungan Konsumen BI, serta pembukaan kembali Museum BI.

Tidak sampai di situ, BI juga akan mengadakan kegiatan dari sisi dunia kreatif dan hiburan yakni dengan menyelenggarakan kompetisi TikTok yang akan melombakan hasil karya para konten kreator menjelaskan mengenai "cara transaksi aman di era digital" dengan fitur yang dimiliki oleh Bank Indonesia.

Seluruh kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka HUT BI ke-69 diimplementasikan di atas 3 pilar kegiatan yaitu Go Better, Go Contribute, dan Go Digital. Rangkaian kegiatan akan berlangsung mulai dari tanggal 1 Juli 2022 hingga 28 Agustus 2022.


Baca juga artikel terkait BANK INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight