TV 8K Pertama Sony Diperkenalkan di CES 2019, Apa Keunggulannya?

Oleh: Ibnu Azis - 8 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
BRAVIA MASTER Series Z9G 8K dibekali prosesor generasi terbaru X1 Ultimate dan teknologi Acoustic Multi-Audio, harga belum diungkap.
tirto.id - Sony mengumumkan kehadiran TV 8K pertama mereka, BRAVIA MASTER Series Z9G 8K di CES 2019, Las Vegas, Amerika Serikat, Senin (7/1/2019) waktu setempat. Lantas, apa keunggulannya?

Dilansir dari The Verge, Selasa (8/1), BRAVIA MASTER Series Z9G 8K memiliki panel LCD dan hadir dalam dua ukuran super besar, yakni 85 inci serta 98 inci.

Dalam siaran resminya, Sony menjelaskan, BRAVIA MASTER Series Z9G 8K dibekali prosesor generasi terbaru, X1 Ultimate yang memiliki algoritma unik.

Prosesor ini dikembangkan khusus untuk resolusi 8K yang secara cerdas dapat mendeteksi dan menganalisis setiap objek dalam gambar. Teknologi ini menghasilkan detail dan kontras tinggi untuk gambar yang lebih realistis.

Selain itu, BRAVIA MASTER Series Z9G 8K juga tertanam teknologi Acoustic Multi-Audio yang menyematkan empat speaker menghadap ke depan, masing-masing dua di atas dan dua di bawah layar.

"Teknologi ini akan membuat Anda mengira suara datang langsung dari layar dengan kualitas audio tinggi," tulis Sony.


Menurut CNET, BRAVIA MASTER Series Z9G 8K memiliki input HDMI 2,1 dengan kemampuan 48Gbps yang kompatibel dengan frame rate lebih tinggi dan resolusi lebih rendah seperti 4K pada 120 frame per detik atau 8K di 60 fps.

TV 8K ini juga mendukung variable refresh rate (VRR) dan automatic low latency mode (ALLM atau auto game mode) untuk enhanced audio return channel (eARC).

Selain itu, Sony juga menawarkan Mode Kalibrasi di TV 8K andalannya ini untuk menikmati berbagai konten hiburan dari Netflix termasuk IMAX Enhanced dan Dolby Vision/Atmos.

Kendati TV dengan 8K menawarkan peningkatan detail dibandingnan dengan 4K, konten multimedia dengan resolusi tersebut masih belum populer.

Pada saat yang bersamaan, Sony juga memperkenalkan 4K BRAVIA MASTER Series A9G yang hadir dalam tiga ukuran, yakni 77 inci, 65 inci, dan 55 inci dengan panel OLED.

Sony belum mengungkap harga dua TV andalannya itu maupun ketersediannya untuk pasar global termasuk Indonesia.


Baca juga artikel terkait SONY atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight