CES 2019 Suguhkan Inovasi dan Tren Teknologi Terbaru, Apa Saja?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 7 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
CES 2019 diikuti sekitar 4.500 peserta yang 1.100 di antaranya merupakan startup teknologi.
tirto.id - Consumer Electronics Show (CES) 2019 akan resmi digelar pada 8-11 Januari 2019 di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Amerika Serikat. Meski demikian, aneka produk dan teknologi terbaru sudah diperkenalkan pada 6-7 Januari 2019.

CES sendiri merupakan pameran teknologi tahunan yang menampilkan berbagai inovasi dan gebrakan teknologi terbaru, baik perangkat mobile, komputer, gadget, jaringan, dan banyak lagi.

Dilansir dari CNN, Senin (7/1/2018), CES 2019 diikuti sekitar 4.500 peserta yang 1.100 di antaranya merupakan startup teknologi. Setidaknya ada beberapa tren teknologi yang akan berkembang di 2019, yang di antaranya disuguhkan di CES tahun ini.


Teknologi Berbasis AI Kian Populer

Tahun 2019, teknologi berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) akan kian populer. Tak kurang dari 60 perusahaan memamerkan teknologi berbasis AI di perhelatan CES 2019.

AI sendiri sebenarnya sudah mulai menunjukkan implementasi signifikan pada tahun lalu. Hal ini terlihat dari munculnya fitur AI camera, asisten cerdas berbasis AI, dan banyak lagi. Tahun ini implementasi AI dipastikan akan semakin matang.

Teknologi 5G Jadi Kenyataan

Teknologi jaringan 5G tampaknya akan jadi kenyataan pada tahun 2019. Sebenarnya pelaku industri teknologi nirkabel telah memperkenalkan teknologi 5G ini sejak tahun lalu dan implementasinya masih minim.

Sebagai penerus dari teknologi 4G, jaringan 5G ini menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi. Kecepatan transfer data jaringan 5G ini mencapai 10 gigabit per detik menggunakan smartphone. Qualcomm sudah mengimplementasikan teknologi 5G di chipset Snapdragon 855.


Laptop dan PC Semakin Canggih

CES 2019 menjadi panggung bagi produsen PC dan laptop untuk memamerkan produk terbarunya yang dibekali dengan teknologi lebih canggih dan desain yang unik. Selain itu, PC dan notebook juga kian bertenaga berkat dukungan prosesor dan grafis generasi terbaru.

TV Semakin Canggih

Menurut AP, CES 2019 tak hanya didominasi oleh teknologi nirkabel dan komputer saja, tetapi juga inovasi produk elektronik seperti TV. Pabrikan besar seperti Samsung, Panasonic, Hisense, dan sebagainya menghadirkan TV yang kian canggih dan pintar.

Tak hanya ukurannya yang besar, TV juga mendukung resolusi hingga 8K dan dilengkapi teknologi HDR. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati konten multimedia.

Perangkat Pintar

Perangkat pintar atau smart device akan mengalami perkembangan pesat pada tahun 2019. Raksasa toko online Amazon menawarkan aneka produk pintar yang tertanam asisten cerdas Alexa.

Google juga memiliki produk serupa, yakni Google Assistant yang tersemat di produk Google Home. Keduanya akan bersaing ketat dan terus dikembangkan menjadi lebih pintar.


Baca juga artikel terkait CES 2019 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight