Tuntunan Yang Terus Berulang Di Aksi 313

Foto aerial umat muslim yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) mengikuti aksi 313 di Kawasan Patung Kuda Jakarta, Jumat (31/3). Aksi yang diikuti ribuan peserta itu untuk menuntut penahanan Basuki Tjahaja Purnama terkait dugaan penistaan agama. Tirto.id/Andrey Gromico
31 Maret 2017
Ribuan Masa gelar aksi lanjutan menuntut kasus penistaan agama Jumat (31/3/2017). Kali ini aksi dinamai Aksi 313, namun tuntutanya tentu tetap senada, pemecatan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur dan penjarakan Ahok karena dinilai menistakan Islam.

Kali ini, junjungan para umat dalam aksi yang terus bersambung ini, Rizieq Shihab tak hadir. Namun para aksi ini tetap berlanjut. Forum Umat Islam (FUI) menjadi komando dalam Aksi 313.

Aksi diawali dengan Shalat Jumat bersama di Masjid Istiqlal, kemudian dilanjutkan longmarch menuju Bundaran Patung Kuda di Silang Monas. Dalam Aksi 313, laki-laki, perempuan, dan anak-anak turut hadir. Mereka menuntut untuk memberhentikan Ahok sebagai Gubernur dan memenjarakan atas kasus penistaan agama.

Dalam aksi ini empat aktivis Aksi 313 ditangkap sebelum aksi dihelat. salah satunya FUI KH Muhammad Al Khaththath dan empat aktivis Aksi 313.

Foto Foto; Andrey Gromico & Arimacs Wilander
a