Triawan Munaf Ditunjuk Jadi Komut Holding BUMN Pariwisata

Reporter: - 4 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
PT Aviasi Pariwisata Indonesia merupakan perusahaan negara yang akan menjadi induk holding BUMN dalam mengurusi pariwisata.
tirto.id - Kementerian BUMN menunjuk Dony Oskaria sebagai Direktur Utama dan Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero).

PT Aviasi Pariwisata Indonesia merupakan perusahaan negara yang akan menjadi induk holding BUMN dalam mengurusi pariwisata.

Plt. Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan mengatakan penetapan jajaran direksi dan jajaran komisaris PT Aviasi Pariwisata Indonesia merupakan salah satu milestone dalam proses pembentukan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung.

"Pada hari ini Menteri BUMN telah menetapkan jajaran direksi dan jajaran komisaris PT Aviasi Pariwisata Indonesia yang memiliki keahlian, kemampuan, serta pengalaman, untuk dapat membangkitkan kembali dan mengoptimalkan sektor pariwisata yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional,” ujar Endra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (4/10/2021) dikutip dari Antara.

Melalui Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Persero PT Aviasi Pariwisata Indonesia Nomor: SK-336/MBU/10/2021, ditetapkan jajaran direksi PT Aviasi Pariwisata Indonesia adalah Direktur Utama yaitu Dony Oskaria.

Dony pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) selama Januari 2020-Agustus 2021. Ia akan didampingi Edwin Hidayat Abdullah sebagai Wakil Direktur Utama dan Herdy Rosadi Harman sebagai Direktur SDM dan Digital.

Sementara di jajaran komisaris, Triawan ditunjuk sebagai komisaris utama merangkap komisaris independen. Triawan pernah menjadi Komisaris Utama Garuda Indonesia sebelum akhirnya dia memilih mundur pada Agustus 2021 lalu.

RUPS juga menetapkan dua komisaris dan satu komisaris independen lainnya. Mereka adalah Odo RM Manuhutu yang kini tercatat sebagai Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Lalu Wihana Kirana Jaya yang merupakan Staf Khusus Menteri Perhubungan untuk Urusan Ekonomi dan Investasi Transportasi.

Terdapat pula Elwin Mok yang ditunjuk sebagai komisaris independen. Elwin Mok merupakan Direktur Komunikasi INASGOS atau Panitia Penyelenggara Asian Games 2018. Elwin Mok saat ini menjabat sebagai Ketua Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jakarta.

Menurut Endra PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) akan menjadi pemimpin dari Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang merupakan holding bersifat ekosistem untuk mengintegrasikan berbagai fungsi dalam menunjang sektor pariwisata.

Untuk tahap pertama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) menjadi pemimpin Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang beranggotakan PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), dan PT Sarinah (Persero).


Baca juga artikel terkait BUMN atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto
DarkLight