Transgender dan Gay Terpilih sebagai Anggota Senat dan DPR AS

Oleh: Restu Diantina Putri - 5 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sarah McBride, transgender pertama yang terpilih sebagai anggota senat, menjadi penanda berkembangnya kepemimpinan LGBTQ dalam demokrasi Amerika Serikat.
tirto.id - Pemilu Amerika Serikat tak melulu soal Donald Trump atau Joe Biden. Sejatinya, selain Pilpres, Pemilu AS juga menggelar pemilihan anggota senat dan 435 kursi Dewan Perwakilan Rakyat. Dan kali ini, pemilu AS diwarnai dengan terpilihnya sejumlah anggota kongres dan DPR dari kelompok gay dan transgender.

Adalah Sarah McBride, yang berhasil meraih satu kursi senat di negara bagian Delaware sekaligus transgender pertama yang terpilih untuk posisi tersebut di Amerika Serikat.

Melansir New York Times, McBride, 30, yang seorang Demokrat cum aktivis, mengalahkan Steve Washington yang seorang Republikan di Distrik Senat Negara Bagian Pertama, termasuk di antaranya Wilmington, dengan mudah.

Ia mengatakan “hasil tersebut memberikan pesan kuat kepada kaum muda yang tengah berjuang untuk beradaptasi dengan dunia: bahwa demokrasi kita cukup besar untuk menampung suara mereka dan bagaimana suara mereka juga penting.”

Presiden LGBTQ Victory Fund Annise Parker menyebut kemenangan McBride sebagai “modal yang kuat untuk mengembangkan kepemimpinan dan pengaruh transgender dalam iklim politik saat ini.”

McBride sempat menjadi staf magang Gedung Putih pada masa pemerintahan Obama dan melobi Majelis Umum Delaware tentang RUU Hak Transgender yang disahkan menjadi UU pada 2013.

Sementara di New York, situasi di Kongres akan lebih beragam setelah Ritchie Torres, yang berasal dari Demokrat menang di Distrik 15 New York, yang mencakup sebagian besar Bronx selatan dalam pertarungan memperebutkan satu kursi di DPR, demikian yang dilaporkan AJ Plus.

Ini berarti, Torres menjadi Afro-Latino gay pertama yang menduduki jabatan tersebut. Sebelumnya ia sempat mengalahkan Anggota Dewan Kota New York Ruben Diaz Sr. yang kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan homofobik.

Selain Torres, Mondaire Jones, yang juga seorang Demokrat juga akan mewakili Distrik 17 New York sekaligus menjadi gay kulit hitam pertama dengan posisi tersebut. Ia mendapat dukungan penuh dari petahana Alexandria Ocasio-Cortez (AOC) dan Bernie Sanders.







Baca juga artikel terkait PEMILU AS atau tulisan menarik lainnya Restu Diantina Putri
(tirto.id - Politik)

Penulis: Restu Diantina Putri
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight