Toyota Gelar Electrification-Day di Perhelatan GIIAS 2019

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 19 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Toyota menggelar eksebisi Electrification Day di GIIAS 2019, untuk mendukung program pemerintah terkait teknologi elektrifikasi.
tirto.id - PT Toyota – Astra Motor (TAM) menggelar eksebisi Electrification Day dengan tema “How Hybrid Are You?” di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Aktivitas ini merupakan bagian dari upaya TAM dalam menunjang program Pemerintah terkait teknologi Elektrifikasi untuk perkembangan Industri Otomotif Nasional, dan sekaligus sebagai perayaan satu dekade Toyota Hybrid di Indonesia.

Direktur Marketing PT. Toyota-Astra Motor, Kazunori Minamide, dalam rilis yang diterima Tirto, Jumat (19/7/2019) mengatakan, “Electrification Day, yang kami hadirkan untuk teman-teman media, adalah aktivitas berkelanjutan dari Toyota dalam menunjang program pemerintah untuk mendukung teknologi ramah lingkungan dan kendaraan elektrifikasi.

Kazunori menambahkan, "Semoga, melalui Electrification Day ini, konsumen mendapat sebuah gambaran yang semakin jelas bagaimana Indonesia bisa mengurangi emisi C02 dan konsumsi bahan bakar dengan meningkatnya kendaraan Elektrik Hybrid.”

Perkembangan kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi elektrifikasi sudah diawali sejak 1960-an.

Sementara itu, mulai 1990-an, Toyota mempercepat upaya penelitian R&D terhadap kendaraan elektrifikasi antara lain; Battery Electric Vehicle (BEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Perkembangan yang pesat ini menghasilkan sejumlah kendaraan konsep sekaligus menjadikan Toyota sebagai pionir kendaraan ramah lingkungan melalui Toyota Prius yang diluncurkan ke pasar sejak 1997.

Dengan teknologi Toyota Hybrid System (THS), Prius menjadi kendaraan Elektrik-Hybrid pertama di dunia dan telah menjelma menjadi duta kendaraan ramah lingkungan dengan energi efisien di seluruh dunia.

Hingga kini, teknologi THS telah berkembang menjadi generasi ke-4 dengan peningkatan efisiensi bahan bakar mencapai 25% dari generasi sebelumnya pada angka 40,8 km/l.

Dengan aplikasi konsep desain terbaru Toyota New Global Architecture (TNGA) beserta beragam pencapaian dan pengembangan teknologi THS, Toyota berhasil memproduksi kendaraan yang tidak hanya memberikan kenyamanan lebih, namun lebih daripada itu yaitu menghadirkan kendaraan elektrifikasi yang memberikan manfaat kepada konsumen, seperti Prius Hybrid, Camry Hybrid, dan C -HR Hybrid.

Kesuksesan pengembangan THS juga berarti teknologi Elektrik Hybrid dapat di implementasikan pada jajaran kendaraan Toyota yang sangat beragam. Hal ini sejalan dengan komitmen Toyota untuk menghadirkan varian elektrifikasi pada semua model global hingga 2025.

Total penjualan kendaraan ramah lingkungan Toyota mencapai lebih dari 13 juta unit di seluruh dunia dan memberikan kontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 hingga 103 juta ton serta menghemat konsumsi bahan bakar hingga 38 juta kilo liter.


Baca juga artikel terkait GIIAS 2019 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight