Menuju konten utama

Tokopedia Rilis ByMe, Fitur Rekomendasi Produk dari Selebritas

Melalui fitur Tokopedia ByMe, calon pembeli dimungkinkan mendapatkan rekomendasi produk favorit dari orang terdekat termasuk selebritas.

Tokopedia Rilis ByMe, Fitur Rekomendasi Produk dari Selebritas
Pada hari ini, Senin (22/04), Tokopedia secara resmi meluncurkan fitur terbaru dan pertama di Indonesia bernama Tokopedia ByMe. FOTO/Rilis Tokopedia

tirto.id - Tokopedia menghadirkan fitur baru, Tokopedia ByMe, yang memungkinkan calon pembeli mendapatkan rekomendasi produk favorit dari berbagai pihak, seperti teman, kerabat, orang terdekat, termasuk selebritas, Senin (22/4/2019).

Melalui rilis tertulis, Senin, Cynthia Limin, Business Tribe Lead for Category & Content, Tokopedia menjelaskan, fitur tersebut juga memungkinkan siapapun menjadi influencer (sebutan untuk yang merekomendasikan produk favoritnya di Tokopedia) dengan merekomendasikan produk favorit pilihan mereka dan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang terjadi di halaman profilnya.

"Kami percaya bahwa rekomendasi dari lingkungan sekitar sangatlah penting dalam perihal membeli segala kebutuhan," imbuh Cynthia.

Cynthia mengatakan, Tokopedia ByMe membuka adanya ruang interaksi baru antara pembeli dengan role model atau orang kepercayaan yang merekomendasikan produk favorit. Jadi, lanjut Cynthia, siapapun bisa memulai kurasi dan meraih pendapatan secara online tanpa modal sebagai influencer Tokopedia ByMe.

Di sisi lain, menurut Cynthia, penjual lebih diuntungkan karena melalui Tokopedia ByMe, produk bisa dipromosikan secara lebih luas oleh Tokopedia ByMe Influencer. Penjual juga bisa memasang komisi sesuai dengan keinginan mereka terhadap barang yang ingin mereka pasarkan di Tokopedia ByMe dan cukup membayarkan komisi ketika barang telah terjual.

Bersamaan dengan peluncuran Tokopedia ByMe, Tokopedia juga memperkenalkan 13 jajaran Tokopedia ByMe Icon, yakni selebritas dan tokoh publik yang mewakili Tokopedia ByMe Influencer.

Mereka adalah Boy William, Arief Muhammad, Atta Halilintar, Jess No Limit, Jerome Polin, Tasya Farasya, Rachel Vennya, Ria Ricis, Salshabilla Adriani, Titan Tyra, Sandra Dewi, Cinta Laura, dan Jessica Iskandar.

Cinta Laura Kiehl, salah satu jajaran Tokopedia ByMe Icon mengatakan, sangat antusias memanfaatkan fitur Tokopedia ByMe, lantaran dapat merekomendasikan produk favorit pilihannya dan berinteraksi dengan para fans serta follower yang suka dengan produk yang ia rekomendasikan.

Arief Muhammad, seorang content creator ternama yang juga menjadi Tokopedia ByMe Icon mengatakan, Tokopedia ByMe memungkinkan dirinya merekomendasikan produk-produk dari kategori hobi yang memang ia minati.

"Produk-produk yang mendukung saya dalam membuat konten. Ada kamera, drone, tripod, mainan unik yang menarik untuk di-review, dan sebagainya. Lewat halaman profil di Tokopedia ByMe, saya ingin menginspirasi anak muda lain bahwa berkreasi itu bisa dilakukan dengan lebih mudah dan terjangkau di era digital seperti ini," tambah Arief.

Selain 13 Tokopedia ByMe Icon, Tokopedia juga akan memperkenalkan sejumlah Tokopedia ByMe Influencer--yang juga berlatar belakang tokoh publik--melalui acara interaktif bertajuk "Semarak Duel Seleb" yang akan disiarkan langsung di tiga stasiun televisi secara serempak pada 24 April mendatang 2019 pukul 20.00-21.30 WIB.

Acara ini memungkinkan para tokoh publik yang menjadi Tokopedia ByMe Influencer tersebut berinteraksi langsung dengan masyarakat Indonesia.

Baca juga artikel terkait E-COMMERCE

tirto.id - Teknologi
Sumber: Siaran Pers
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH