TNI Ungkap Kondisi Pilot Susi Air yang Disandera TPNPB-OPM

Sumber: Antara, tirto.id - 20 Jul 2023 19:27 WIB
Pilot Philip Mark Mehrtens disandera sejak tanggal 7 Februari lalu sesaat setelah mendaratkan pesawat milik Susi Air di lapangan terbang Paro, Nduga.
tirto.id - Pangdam XVII/Cendrawasih Mayor Jenderal TNI Izak Pangemanan mengungkap kondisi pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru yang disandera Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Izak mengatakan saat ini sang pilot, Philip Mark Mehrtens, dalam kondisi sehat. "Itu karena Egianus Kogoya menjaga sandera dari Selandia Baru itu dengan baik," katanya di Jayapura, dilansir dari Antara, Kamis 20 Juli 2023.

Dia menunjukkan foto Philip kepada awak media. Dari foto tersebut, kata Izak, sang pilot nampak sehat, tidak stres, pakaiannya rapi, hanya sedikit terlihat bosan. "Egianus dan kelompoknya menjaga dengan baik sehingga apa yang harus dikhawatirkan," tuturnya.

Kendati demikian, aparat TNI-Polri terus melakukan langkah-langkah untuk membebaskan pilot Philip dengan mengedepankan pemerintah daerah.

Kasus ini bukan merupakan masalah yang harus diselesaikan dengan operasi militer karena bisa berdampak langsung dengan masyarakat.

"Masyarakat di wilayah itu yang memang takut dampaknya memang ada yang mengungsi, namun diharap mereka segera kembali ke kampung halamannya," tuturnya.

Pilot Philip Mark Mehrtens disandera sejak tanggal 7 Februari lalu sesaat setelah mendaratkan pesawat milik Susi Air di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga. Selain menyandera pilot, Egianus dan kelompoknya juga membakar pesawat tersebut.



Baca juga artikel terkait PENYANDERAAN PILOT SUSI AIR atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Hukum)

Sumber: Antara
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight