TKN Klaim Kebijakan Migas Jokowi Bebas dari Konflik Kepentingan

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 13 Februari 2019
TKN mengklaim kebijakan Jokowi di sektor migas selama ini bebas dari konflik kepentingan. Sebab, Jokowi tidak memiliki latar belakang sebagai pengusaha migas.
tirto.id - Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Taufik Basari mengklaim kebijakan Presiden Joko Widodo di sektor minyak dan gas selama ini bebas dari konflik kepentingan.

Dia beralasan Jokowi bukan pengusaha migas sehingga tidak menghadapi konflik kepentingan saat mengeluarkan kebijakan di sektor ini.

“Jokowi tidak punya beban. Dia bukan pengusaha di bidang migas,” kata Taufik dalam diskusi bertajuk “Menuju Debat Kedua, Siapa Makin Kinclong?” di Jakarta pada Rabu (13/2/2019).

Menurut Taufik, karena tidak memiliki kepentingan, Jokowi dapat dengan mudah melawan mafia di sektor migas. Dengan begitu, langkah pemerintah membenahi sektor migas tak tersendat.

“Dia kalau mau lawan, ya ayo lawan, tanpa harus khawatir punya bisnis di dunia migas,” ujar Taufik.

Mengenai banyak pengusaha migas yang mendukung Jokowi di Pilpres 2019, Taufik mengakui hal itu membuka peluang konflik kepentingan.

Namun, dia meyakini calon presiden nomor urut 01 itu dapat menentukan sikap dengan tegas dan mengeluarkan kebijakan tanpa disetir oleh pengusaha migas.

“Jokowi lebih bebas untuk menentukan sikapnya. Kan lebih enak selama ini dia tidak terbebani dengna itu,” ucap Taufik.

Berbeda halnya jika seorang pemimpin memiliki latar belakang pengusaha migas, Taufik menilai konflik kepentingan tentu tidak dapat dihindari. Dia berpendapat konflik kepentingan akan tetap terjadi meski keputusan diserahkan ke menteri yang bukan pengusaha migas.


Baca juga artikel terkait SEKTOR MIGAS atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Addi M Idhom