TKN: Jokowi Tetap Reforma Agraria Meski Kubunya Punya Banyak Lahan

Oleh: Felix Nathaniel - 25 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa nama pendukung Jokowi-Ma'ruf yang diisukan memiliki banyak lahan, mereka adalah Luhut, Erick Thohir, dan Hary Tanoesoedibjo.
tirto.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) tak menampik dugaan yang mengatakan orang-orang di lingkaran Jokowi-Ma'ruf memiliki banyak lahan. Namun, Juru Bicara TKN Arya Sinulingga menegaskan hal itu tak akan mempengaruhi tindakan Jokowi untuk melakukan reforma agraria.

Beberapa nama pendukung Jokowi-Ma'ruf yang diisukan memiliki banyak lahan, mereka adalah Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua TKN Erick Thohir, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Arya yang juga politikus Perindo itu memastikan kepemilikan lahan di lingkaran Jokowi itu tidak akan berpengaruh pada reforma agraria. Sebab, kata Arya, Jokowi telah berhasil membagikan sertifikat lahan kepada masyarakat.

"Kan enggak ada kesalahannya juga. Kalau dia mau mengembalikan ya silakan, enggak juga enggak masalah," kata Arya kepada Tirto, Senin (25/2/2019).

Isu kepemilikan lahan ini mencuat usai Jokowi menyerang Capres nomor 02 Prabowo Subianto dalam debat kedua. Menurut Jokowi, lahan-lahan milik Prabowo itu terletak di Aceh dan di Kalimantan Timur.

Prabowo sendiri mengakui hal itu, tapi tanah-tanah tersebut adalah Hak Guna Usaha (HGU) alias milik negara. Prabowo pun mengaku bersedia mengembalikannya kepada negara apabila dibutuhkan.


Meskipun mengakui bahwa lahan milik Prabowo telah sesuai dengan aturan yang berlaku, namun Arya menilai, Ketua Umum Partai Gerindra itu tetap sulit dalam melakukan reforma agraria. Sebab, menurut Arya, Prabowo memang sengaja memiliki lahan untuk kepentingan usahanya.

"Prabowo juga hanya mau diingatkan bahwa beliau akan sulit melakukan itu [reforma agraria]," kata Arya.

Arya mengatakan, hal ini yang membedakan antara Prabowo dan Jokowi. Menurut dia, meskipun para pendukung Jokowi memiliki banyak lahan, tetapi Jokowi sendiri tidak memiliki banyak lahan. Arya menegaskan, Jokowi juga sudah membuktikan komitmennya terhadap reforma agraria.

"Apa susahnya bagi Pak Jokowi [melakukan reforma agraria]? Dia kan enggak ada [lahan]. Bahwa orang sekitarnya ada, dia nya kan enggak," ucapnya lagi.


Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut beberapa nama di belakang Jokowi yang memiliki banyak lahan. Seperti Erick Thohir, Hary Tanoesoedibjo dan Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam twitnya, Dahnil sempat meminta nama-nama tersebut agar mengembalikan lahan mereka kepada negara. Twit Dahnil kala itu terkait dengan kesediaan Prabowo mengembalikan ratusan ribu hektar lahan yang digunakan untuk usahanya kepada negara.

"Pak Jokowi tinggal datang dan sampaikan kepada Pak @prabowo negara sangat membutuhkan, dan siapkan perangkat hukumnya, Perpu atau apa saja, saya yakin orang-orang seperti mas @erickthohir , Luhut, Hary Tanoe, Sinar Mas dll juga Pak @jokowi datangi dan minta mereka serahkan kepada negara," twit Dahnil melalui akun @Dahnilanzar.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight