Tips Merawat Mobil Usai Digunakan Saat Mudik Lebaran

Penulis: Yandri Daniel Damaledo - 12 Mei 2022 14:36 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini tips merawat mobil sebelum dipakai beraktivitas, usai digunakan mudik Lebaran.
tirto.id - Arus balik mudik Lebaran di Indonesia telah berlangsung berlangsung pada 7-8 Mei lalu. Saat ini, masyarakat telah kembali menjalani aktivitasnya masing-masing.

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengecek kembali mobil Anda di bengkel resmi agar performa mesin dan kualitas suku cadang tetap terawat sehingga pengalaman berkendara tetap nyaman.

Terlebih, jika mobil yang dibawa pulang kampung sudah melewati jarak ribuan kilometer dan melalui berbagai jenis permukaan jalan.

Berikut ini adalah hal-hal yang wajib diperiksa pasca mudik, dikutip dari siaran pers MG pada Kamis (12/5) seperti yang dilansir dari Antara.

Oli atau pelumas

Tingginya suhu mesin dapat mengubah kondisi oli, baik itu dari sisi kekentalan oli dan juga volumenya yang berkurang sehingga perlu diganti agar kondisi mesin tetap baik dan mampu berjalan dengan halus.

Kaki-kaki mobil

Shockbreaker, lower-arm, serta keausan dan tekanan angin ban harus dicek, karena perjalanan panjang dan kondisi jalan yang tidak menentu membuat mereka bekerja ekstra dalam menopang kendaraan, bahkan kondisi ban juga perlu dipastikan kualitasnya.

Pengereman

Kampas dan minyak rem harus dipastikan dalam kondisi normal, mengingat kemacetan panjang sering membuat rem mudah aus karena terkikis.

Suhu mobil

Mobil yang terus menerus digunakan bisa mengalami masalah jika dibiarkan hidup terus menerus. Ada beberapa kerusakan dalam mobil yang bisa memicu suhu mesin mobil menjadi naik, seperti anti-freeze atau pendingin mesin yang mengalami kebocoran dan thermostat yang bermasalah.

AC mobil

Kondisi AC juga harus dicek seperti kondisi filter dan kebersihannya. Biasanya, AC bekerja lebih pada saat mudik dan dapat menyebabkan sirkulasi AC menjadi kurang baik.

Tune Up

Bahan bakar minyak yang sudah mengalami proses campuran dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan performa kendaraan.

Sebaiknya setelah mudik tune-up mesin dapat mengembalikan kondisi performa kendaraan kembali dan menjadi lebih optimal.



Baca juga artikel terkait TIPS RAWAT MOBIL USAI MUDIK atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yantina Debora

DarkLight