Menuju konten utama

Tips Menjaga Kesehatan & Merawat Diri Selama Kerja dari Rumah (WFH)

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan merawat diri selama kerja dari rumah. 

Tips Menjaga Kesehatan & Merawat Diri Selama Kerja dari Rumah (WFH)
Ilustrasi Bekerja di Rumah. foto/istockphoto

tirto.id - Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia, Presiden Jokowi, pada Senin (16/3/2020), meminta agar setiap perusahaan menerapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

"Untuk perusahaan-perusahaan dan pemerintah juga melakukan bekerja dari rumah. Dan juga beribadah di rumah. Ini sekali lagi untuk mengurangi pergerakan karena social distancing itu penting sekali," kata Jokowi dalam rapat terbatas via teleconference di Istana Bogor.

Bagi sebagian orang, kerja dari rumah di tengah pandemi corona COVID-19, tentu bukan perkara gampang dan bisa mengubah beberapa aspek hidup. Jika tidak memiliki jadwal kerja yang jelas, terlalu banyak duduk dan menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

Namun, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan merawat diri selama WFH, seperti dilansir laman Bussines Insider.

1. Sediakan ruang kerja

Sebuah studi Uni Eropa menemukan bahwa orang yang bekerja dari rumah cenderung memiliki jam kerja lebih lama dan menciptakan tumpang tindih antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dibandingkan dengan mereka yang selalu bekerja di kantor.

Memisahkan antara urusan rumah dan pekerjaan dapat membantu seseorang untuk menentukan kapan harus memulai dan selesai kerja serta menjadwalkan waktu istirahat.

2. Jadwalkan rutinitas pagi dan berolahraga

Olahraga teratur memberikan banyak manfaat, termasuk peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Olahraga membantu seseorang lebih segar saat hendak memulai kerja. Menjadwalkan waktu untuk berolahraga adalah bentuk perawatan diri.

3. Siapkan camilan bergizi

Ketika Anda masih perlu beradaptasi dengan WFH, camilan bergizi menjadi salah satu pilihan di tengah penatnya pikiran saat bekerja mengingat dapur hanya beberapa langkah dari tempat bekerja.

4. Makan siang

Beristirahat dan makan siang dapat mengembalikan konsentrasi dan membuat Anda siap kembali bekerja. Makan siang sehat merupakan bentuk lain dari perawatan diri, karena dapat memberi energi yang dibutuhkan tubuh.

"Masalah junk food dan ngemil tampak besar ketika Anda mulai bekerja di rumah, terutama jika merasa stres," kata Tonya Dalton, penulis The Joy of Missing Out: Live More.

Jika sempat, buatlah makan siang terlebih dahulu, sama seperti yang Anda lakukan saat bekerja di kantor. Setidaknya mulailah hari dengan mengetahui apa yang akan Anda butuhkan. Selain itu, tetap terhidrasi dengan cara yang sama juga, dengan mengisi botol air dan menyimpannya di meja kerja.

5. Bangun dan bergeraklah

Duduk lama telah dikaitkan dengan insiden penyakit metabolik yang lebih tinggi. Istirahatlah sejenak, gunakan waktu untuk berdiri dan bergerak selama 15 menit dapat mengangkat suasana hati. Hal itu dapat membantu memproses informasi dengan lebih baik. Studi merekomendasikan, setidaknya setiap lima menit, Anda harus melakukan aktivitas.

6. Pakai pakaian kerja

Memakai pakaian olahraga atau piyama mungkin terasa sangat nyaman saat melakukan WFH. Namun hal tersebut dapat mengganggu produktivitas dan menghambat bersosialisasi.

"Tidak perlu mengenakan pakaian kerja penuh; Anda masih bisa tetap santai. Itu salah satu hal yang menyenangkan tentang bekerja dari rumah. Tapi mempersiapkan harimu adalah sinyal bagi otakmu bahwa ini bukan akhir pekan, dan kamu tidak sakit. Itu akan membuat pikiranmu siap untuk hari kerja," saran Christine Carter, PhD, seorang sosiolog

7. Tetap terhubung dengan rekan kerja

Laman Forbes menuliskan di era teknologi, bekerja dari jarak jauh bukan berarti bekerja secara terpisah. Jika tempat kerja Anda sering mengadakan rapat, tentu masih bisa mengadakan rapat tim melalui banyak teknologi berbeda (mis. Zoom / Microsoft Tim, dll).

Teknologi tersebut dapat menjaga semangat tim dengan menjadwalkan panggilan dan rapat seperti biasa, memeriksa kolega atau saat seseorang membutuhkan bantuan.

8. Atur jadwal tidur

"Tidur yang teratur adalah aspek penting dari perawatan diri, karena itu berkontribusi pada kualitas tidur. Tanpa itu, Anda mungkin akan merasa pusing sepanjang hari, atau mengalami fluktuasi energi yang besar." ujar W. Christopher Winter, MD, Presiden Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di North Carolina dan penulis The Sleep Solution.

Jika tidur tak teratur, Anda bisa saja tidur siang yang lama ketika tidak memiliki pekerjaan di sore hari. Tentu lebih produktif jika keluar dan berjalan-jalan. Winter menyarankan, jika ingin tidur sebentar, usahakan tidur siang selama 20 menit, dan nyalakan alarm, demikian seperti dilansir laman Everyday Health.

9. Mandi air panas

Saat WFH, sebagian besar pekerja merasa sakit karena terlalu lama duduk di belakang meja. Sekali atau dua kali seminggu, habiskan 15 menit berendam di pemandian air panas. Mandi air panas dapat menenangkan saraf.

Baca juga artikel terkait BEKERJA DARI RUMAH atau tulisan lainnya dari Sarah Rahma Agustin

tirto.id - Kesehatan
Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Alexander Haryanto