Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Ramadan

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 13 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa cara menjaga kesehatan kulit selama puasa Ramadan di antaranya tidur cukup hingga hindari konsumsi minuman berkarbonasi.
tirto.id - Dehidrasi bisa terjadi saat kita menjalani ibadah puasa, hal ini dikarenakan asupan cairan yang kurang saat jeda waktu puasa antara setelah buka hingga menjelang sahur.

Dehidrasi ini tentu bisa berdampak pada kesehatan, salah satunya adalah masalah pada kulit. Sehingga sebaiknya jaga asupan cairan dan tetap merawat kulit selama Anda menjalani ibadah puasa Ramadan.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap merawat kulit agar tetap sehat selama puasa Ramadan menurut dokter sekaligus ahli kecantikan dari Dermalase Clinic di Dubai, Fiona Cowie seperti diwartakan Antara News.

Hindari minuman karbonasi

Cobalah dan hindari konsumsi minuman berkarbonasi dan manis seperti soda dan kafein karena minuman ini juga dapat mengeringkan kulit Anda.

Jauhi lemak jenuh

Makanan yang Anda makan dapat memengaruhi kesehatan kulit secara umum, jadi cobalah untuk menghindari lemak jenuh, karbohidrat, dan makanan olahan karena bisa menyebabkan timbulnya jerawat, eksim dan psoriasis dan membuat kulit terlihat kusam dan pucat.

Sebagai gantinya, untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan sempurna, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral pada saat buka puasa dan makan sahur.

Diet Anda harus mengandung banyak buah-buahan, ikan, dan sayuran yang penuh dengan vitamin A, B, dan C dan mineral untuk memberi kulit Anda cahaya tambahan.

Gunakan pelembap

Kulit Anda tidak hanya akan mengalami dehidrasi karena puasa, tetapi paparan AC yang konstan juga akan mempengaruhinya. Akibatnya kulit dan bibir kering.

Ingatlah mengoleskan banyak pelembap ke wajah dan tubuh Anda di pagi dan sore hari. Pelembap ini harus bebas bahan kimia dan paraben untuk menghindari iritasi.

Pakailah pelembap setelah mandi untuk penyerapan terbaik ke dalam kulit. Bibir juga harus dilembapkan beberapa kali sehari, pilih yang mengandung vitamin E atau salep bibir untuk menghindari efek retak.

Perhatikan sabun

Hindari sabun batangan tetapi cair karena pH-nya tidak mengeringkan kulit Anda. Cobalah membersihkan dengan produk yang mengandung AHA (alpha hydroxy acids) dan antioksidan serum vitamin C agar kulit bercahaya sekaligus meremajakan kulit.

Cukup Tidur

Lingkaran hitam dan mata bengkak adalah keluhan umum selama Ramadan, jadi cobalah tidur 7-8 jam setiap malam untuk memberikan waktu tubuh meremajakan dan memperbaiki kulit Anda.

Pada siang hari Anda dapat menggunakan krim mata ringan untuk menenangkan kulit yang dehidrasi di sekitar area mata.


Baca juga artikel terkait PERAWATAN KULIT atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight