Tips Membuat Resolusi Tahun 2021 Demi Jaga Kesehatan saat Pandemi

Oleh: Desika Pemita - 31 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Banyak macam target terkait kesehatan yang bisa dijadikan resolusi tahun 2021. Pada saat pandemi, menjaga kesehatan adalah hal paling utama.
tirto.id - Tahun baru sering kali menjadi waktu untuk berefleksi dan memikirkan tentang apa yang mungkin ingin diubah dalam hidup. Sementara 2020 adalah tahun yang sama sekali berbeda. Pandemi virus corona (Covid-19) membuat banyak hal berubah.

Tentu, masih teringat jelas saat tujuan dan resolusi yang ditetapkan Januari 2020 lalu tak berlaku karena pandemi tiba-tiba membuat hidup banyak orang tidak lagi sama seperti sebelumnya.

Lantas, guna menyambut tahun baru 2021 yang datang ketika pandemi belum menunjukkan tanda akan segera mereda, resolusi apa yang tepat untuk dibuat?

Hasil survei terbaru terhadap pembaca Verywell Mind menunjukkan ada 44 persen responden yang berencana membuat resolusi tahun 2021. Sebanyak 30 persen dari kelompok ini bahkan mengaku pengalaman menghadapi pandemi mendorong mereka membuat resolusi saat tahun baru.

Dari total 1.206 responden survei yang semuanya merupakan warga AS itu, ada 34 persen yang mengaku tidak berencana membuat resolusi 2021. Adapun 22 persen sisanya mejawab tidak tahu.

Di antara para responden itu, hanya 15 persen yang mengaku rutin membuat resolusi setiap tahun baru datang. Sebanyak 44 persen pembaca Verywell Mind yang lain menyatakan membikin resolusi tahun baru kadang-kadang saja. Adapun yang membuat resolusi awal 2020 lalu, cuma 30 persen.


Ketika ditanya jenis resolusi yang mereka rencanakan, kesehatan fisik sangat menjadi prioritas utama bagi pembaca Verrywell Mind. Sebanyak 80 persen responden yang ingin membuat resolusi pada tahun 2021 menargetkan tujuan yang terkait kesehatan fisik. Target bisa berupa menerapkan pola makan lebih sehat, berolahraga lebih rutin, hingga menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan mental dan mempererat relasi dengan teman maupun keluarga menjadi dua target paling umum lainnya dalam rencana resolusi pembaca Verrywell Mind. Dua target itu disebutkan oleh masing-masing 40 persen dan 39 persen responden yang mau membikin resolusi 2021. Hanya 30 persen yang ingin mengaitkan resolusi 2021 dengan target keuangan.

Bagi mereka yang berpikiran sama dengan sebagian besar responden survei di atas, yakni menilai kesehatan menjadi bagian penting dari resolusi 2021, berikut sejumlah target yang layak untuk dicanangkan.

Menurunkan berat badan

Dengan tahun yang sama stresnya seperti tahun 2020, wajar jika banyak orang jadi bertambah bobot badannya hingga beberapa kilogram. Apalagi pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Healthline menyebut, saat lockdown, banyak responden yang merasa `kebablasan` dalam menjalankan kesehariannya. Mereka makan tanpa kontrol atau malas bergerak selama lockdown.

Pernotto Ehrman, pakar kesehatan dari Amerika Serikat, memperkirakan menurunkan berat badan menjadi target bagi banyak orang di seluruh dunia yang ingin dicapai pada 2021.

Hilangkan kebiasaan tidak sehat

Mengingat semua yang terjadi pada 2020, sangat mudah melakukan aktivitas tidak sehat dengan dalih menghilangkan stress. Misalnya, minum alkohol, merokok, atau bahkan sering menggigit kuku. Maka pada 2021, sudah saatnya untuk berubah.

Untuk menghilangkan stress, pakar kesehatan merekomendasikan kegiatan seperti menulis jurnal, berbicara dengan teman, melakukan aktivitas fisik, atau menonton film serta membaca buku yang bisa membuat tertawa, menangis, memotivasi, hingga menginspirasi.

Perbaiki hubungan dengan orang di sekitar

Tahun 2021 bisa menjadi momen untuk memperbaiki hubungan dengan orang di sekitar Anda. Jika Anda memiliki masalah atau kesal dengan seseorang, Anda bisa memulainya dengan melupakan semua itu, juga memaafkan mereka. Hal itu bisa membuat hidup Anda menjadi lebih baik.

Habiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman

Ini adalah resolusi yang sangat rumit mengingat pandemi telah memaksa banyak orang berjauhan dari orang yang dicintai. Ada cara untuk tetap terhubung meski terpisah secara fisik: dengan video call, saling berkirim email atau foto, atau mengirim paket barang berisi keperluan sehari-hari. Hal itu bisa mendekatkan Anda dengan orang-orang tercinta.

Melakukan traveling virtual

Bepergian di masa pandemi seperti saat ini menjadi hal yang sulit. Namun Anda masih bisa melakukannya dengan tur virtual. Banyak tempat wisata yang kini menawarkan tur virtual. Untuk menghilangkan kebosanan, Anda bisa mengikuti kegiatan tersebut.

Pelajari hobi baru

Melakukan sesuatu yang baru dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mental. Hobi baru bisa sangat membantu, terutama ketika masa karantina di rumah.


Baca juga artikel terkait TAHUN BARU 2021 atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Addi M Idhom
DarkLight