Tips Investasi Emas Online: Tentukan Tujuan dan Lembaga Terpercaya

Oleh: Balqis Fallahnda - 1 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum memulai investasi emas online, tetapkan tujuan dan pilih lembaga yang terpercaya.
tirto.id - Di zaman serba internet, menabung dan berinvestasi emas dapat dilakukan secara online. Internet Investment Gold (IIG) memungkinkan investor untuk membeli emas fisik secara online dan menyimpannya atas nama mereka. Tren tersebut terus bertumbuh secara signifikan selama dekade terakhir.

Seperti halnya kelompok investasi produk apa pun, penting bagi investor emas online untuk memahami sepenuhnya apa yang mereka investasikan dan dapat mengidentifikasi solusi yang tepat sebelum mengambil keputusan.

Demikian pula, penting bagi penyedia produk mengikuti praktik yang baik untuk memastikan pengalaman klien yang positif, demikian sebagaimana ditulis Worl Gold Council.

Investasi emas online tentu merupakan pangsa yang menggiurkan, tetapi sebelum terjun ke dunia tersebut, kiranya akan lebih bijak bagi pemula untuk mengetahui tips investasi emas online, berikut tipsnya.

1. Tujuan investasi emas online

Berinvestasi sama halnya dengan menabung, saat Anda mempunyai tujuan, Anda akan bersemangat untuk melakukannya. Buat tujuan Anda berinvestasi seperti, apakah untuk membeli rumah, modal usaha, tabungan masa depan, atau bahkan untuk menjalankan ibdah haji dan umrah. Namun perlu diingat, tidak perlu memaksakan diri, belilah emas sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Pantau laju harga emas online

Layaknya investasi lainnya, harga emas masih bisa dibilang fluktuatif meski cenderung stabil dan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Maka dari itu, wajib bagi investor untuk memantau laju harga emas apakah turun atau naik. Pengetahuan akan laju harga emas dapat membantu investor membuat keputusan, apakah akan membeli emas atau bahkan menjual emas miliknya.

3. Kenali jenis investasi emas online

Jenis investasi emas online biasanya memiliki beragam jenis, bisa berupa menabung emas, jual beli emas, dan konsinyasi emas. Kenali dengan bijak kelebihan dan kekurangan jenis investasi emas yang akan Anda pilih.

4. Tempat investasi yang aman dan terpercaya

Hal yang paling penting adalah kenali tempat Anda berinvestasi, pastikan tempat yang akan Anda pilih adalah lembaga yang aman dan terpercaya. Berinvestasi emas online dipilih karena keamanannya yang bukan berbentuk fisik.

Namun, Anda tentu tidak ingin investasi emas online yang Anda lakukan sia-sia dan mengalami kerugian karena kesalahan memilih tempat berinvestasi. Di Indonesia, untuk berinvestasi emas online dapat dilakukan di Pegadaian dan Bank.


Baca juga artikel terkait EMAS atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight