tirto.id - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 36 resmi dibuka sejak 10 Juli 2022 pukul 12.00 WIB. Masyarakat yang berminat mengikuti program bantuan pelatihan kerja ini dapat segera mendaftarkan diri di www.prakerja.go.id.
Selama proses pendaftaran Kartu Prakerja Berlangsung, terdapat kendala yang umum dialami oleh para peserta. Kendala yang biasa terjadi mulai dari kesulitan mengaktifkan lokasi, alamat salah, hingga lupa password.
Kabar baiknya, kendala-kendala tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara. Berikut daftar kendala yang umum terjadi saat pendaftaran Kartu Prakerja sekaligus tips untuk mengatasinya:
1. Lokasi Tidak Diizinkan
Kendala lokasi tidak diizinkan biasanya terjadi ketika peserta akan melakukan pendaftaran di website www.prakerja.go.id. Hal ini biasa terjadi akibat peserta tidak mengaktifkan izin lokasi pada perangkat.
Oleh karena itu, untuk mengatasi kendala ini pastikan fitur lokasi pada perangkat sudah aktif saat melakukan pendaftaran. Melansir dari Instagram @prakerja.go.id berikut langkah-langkah mengaktifkan lokasi di perangkat Android:
- Tap pada ikon gembok yang muncul di kolom pencarian browser;
- Klik menu "Izin";
- Geser atau tekan tombol untuk mengaktifkan "Lokasi."
Sedangkan, bagi peserta yang menggunakan perangkat iOS dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan lokasi:
- Masuk ke "Setting" lalu klik menu "Privacy";
- Masuk ke menu "Location Services";
- Geser atau tekan tombol untuk mengaktifkan "Location Services."
2. Alamat Salah
Alamat merupakan salah satu data yang wajib dicantumkan saat mendaftar Kartu Prakerja. Sayangnya, data ini pula yang sering menyebabkan kendala saat pendaftaran. Kendala terkait alamat biasanya berupa munculnya pesan bahwa alamat yang diisikan salah.
Hal ini bisa terjadi karena peserta tidak mengisi alamat sesuai dengan format yang ditetapkan oleh sistem Kartu Prakerja. Berdasarkan panduan yang dirilis oleh Prakerja, pengisian alamat yang sesuai adalah dengan ketentuan berikut:
- alamat harus sesuai dengan yang tertera di KTP;
- alamat yang diinput adalah bagian baris "Alamat" yang terdapat pada KTP. Misal data alamat yang tertera di KTP adalah Jalan Maju Jaya No.10, maka yang ditulis di laman pendaftaran Prakerja adalah Jalan Maju Jaya No.10;
- peserta tidak perlu menuliskan RT/RW, Kecamatan, dan Kabupaten.
- peserta wajib memastikan spasi dan tanda baca sudah sesuai;
- alamat harus dituliskan apa adanya, tidak ditambahkan dengan hal lain atau dikurangi.
3. Lupa Password
Bagi peserta yang sebelumnya sudah pernah mendaftar Kartu Prakerja gelombang lain otomatis sudah memiliki akun Prakerja yang bisa diakses. Akun ini akan selalu digunakan oleh peserta dan tidak bisa dihapus atau diganti baru.
Namun, bagaimana jika peserta mengalami lupa password? Berdasarkan panduan yang tercantum di laman tanya-jawab Prakerja, pemulihan password yang lupa bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
- Login atau masuk ke akun Kartu Prakerja;
- Pilih "Profile", lalu klik "Ubah Password";
- Masukkan password lama, lalu masukkan password baru;
- Klik "Ubah/Atur Ulang."
Pastikan mengingat password terbaru untuk kembali mengakses akun. Apabila pendaftaran dilakukan menggunakan perangkat pribadi, pertimbangkan mengaktifkan fitur "Remember/Save Password" yang terdapat pada browser.
Fitur ini akan membantu browser mengingat password sehingga memudahkan akses akun peserta di masa depan. Sayangnya, fitur ini tidak disarankan bagi peserta yang tidak menggunakan perangkat pribadi saat pendaftaran untuk mencegah penyalahgunaan akses akun oleh orang lain.
4. Tidak Menerima E-mail Verifikasi
Setelah melakukan pendaftaran akun, peserta harusnya menerima e-mail verifikasi untuk mengaktifkan akun. Namun, ada kasus dimana e-mail verifikasi tidak terkirim. Pada situasi ini peserta dapat melakukan langkah-langkah berikut:
- Cek kotak masuk (inbox) di akun e-mail yang didaftarkan dalam Kartu Prakerja;
- Jika pesan verifikasi tidak ditemukan di kotak masuk, cari di kotak spam e-mail;
- Jika pesan verifikasi tidak ditemukan di kotak spam e-mail, ketik kata kunci "Prakerja" di kolom pencarian semua pesan;
- Jika pesan verifikasi masih tidak ditemukan, peserta dapat menghubungi pusat bantuan Kartu Prakerja dengan mengisi Formulir Pengaduan.
5. Tidak Menerima Kode OTP
Selain e-mail verifikasi, peserta juga seharusnya menerima kode One-Time Password (OTP) saat mendaftar akun Prakerja. Kode OTP sendiri merupakan password dinamis yang terdiri dari 4 atau 6 digit angka rahasia yang dikirmkan melalui SMS atau e-mail pendaftar.
Kode ini digunakan sebagai alat validasi bahwa peserta benar merupakan individu yang didaftarkan datanya. Tanpa verifikasi kode OTP verifikasi akun tidak bisa dilakukan.
Apabila peserta tidak menerima kode OTP, maka dapat melakukan langkah-langkah berikut:
- pastikan nomor telepon atau e-mail yang didaftarkan di Kartu Prakerja sudah benar;
- pastikan nomor telepon atau e-mail yang didaftarkan masih aktif;
- periksa kotak pesan (SMS) dan e-mail secara berkala;
- ulangi pengiriman kode OTP sesuai dengan perintah sistem;
- apabila masih belum menerima kode OTP baik dari SMS maupun e-mail, peserta dapat menghubungi pusat bantuan Kartu Prakerja dengan mengisi Formulir Pengaduan.