Asian Games 2018

Timnas Indonesia U-23 Menang, Stefano Lilipaly Cetak Gol Cantik

Oleh: Ibnu Azis - 12 Agustus 2018
Indonesia pesta gol ke gawang Taiwan di laga perdana Asian Games 2018.
tirto.id - Stefano Lilipaly mencetak gol cantik ke gawang Taiwan saat Timnas U-23 Indonesia menang 4-0 di laga penyisihan Grup A cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018, Minggu (12/8/2018). Pemain Bali United itu melakukan tendangan salto indah saat menjebol gawang Wenchieh Pan.

Lilipaly membayar tuntas kepercayaan Luis Milla yang memainkan dirinya sejak menit pertama. Bermain di lini tengah, Lilipaly bahu-membahu bersama Zulfian, Evan Dimas, Febri Hariyadi, dan Irfan Jaya untuk mengalirkan bola-bola matang ke Beto Goncalves yang diplot sebagai ujung tombak.

Gol salto Lilipaly yang tercipta di menit ke-75, berawal dari umpan matang Rezaldi Hehanusa di sisi kanan. Kendati ditempel ketat satu bek Taiwan, Lilipaly mampu menuntaskan umpan tersebut lewat aksi akrobatik yang membuat si kulit bundar meluncur deras ke sudut kiri bawah gawang.

Sebelumnya, Lilipaly juga menyumbang gol pertama bagi Indonesia di menit ke-67. Memanfaatkan sepakan bebas Evan Dimas, Lilipaly melepaskan sundulan akurat dari dalam kotak penalti. Bola lantas mengarah ke sudut kanan bawah gawang dan tak kuasa dibendung Wenchieh.

Lilipaly yang saat ini berusia 28 tahun adalah satu dari tiga pemain senior yang dibawa Luis Milla di Asian Games 2018. Selain dirinya, pelatih asal Spanyol itu juga memanggil kiper Persija, Andritany Ardhiyasa dan striker Sriwijaya FC, Beto Goncalves.

Nama terakhir juga menyumbang satu gol di laga melawan Taiwan. Sementara pemain Bhayangkara FC, Muhammad Hargianto menutup pesta gol Indonesia di masa injury time.

Adapun laga Timnas U-23 Indonesia vs Taiwan di Stadion Patiot Chandrabaga, Bekasi, Minggu (12/8) adalah pertandingan perdana Garuda Muda di Asian Games 2018.

Kemenangan ini membuat Indonesia berada di posisi dua klasemen sementara Grup A dengan poin tiga di bawah Palestina yang mengoleksi empat poin dari dua pertandingan.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live