Timnas Indonesia U-19 Jumpa Qatar di Grup A Piala Asia 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 18 Mei 2018
Timnas Indonesia U-19 akan berjumpa Qatar, UEA, dan Taiwan di Piala Asia 2018.
tirto.id - Timnas Indonesia U-19 akan berjumpa dengan Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), dan Taiwan di Grup A Piala Asia 2018. Tim yang diasuh oleh Indra Sjafri tersebut akan menjadi tuan rumah dalam kejuaraan yang akan digelar di Jakarta pada 18 Oktober hingga 4 November 2018.

Berdasarkan hasil drawing yang dilakukan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC pada Jumat, 18 Mei 2018, dipastikan Timnas Indonesia U-19 akan berada di grup berat.

Tim Garuda Muda akan berhadapan dengan UEA dan Qatar, dua tim yang pernah menjadi juara Piala Asia U-19. UEA menang pada 2008, sedangkan Qatar meraih gelar enam tahun berselang.

Lawan berikutnya adalah Taiwan, yang prestas tertingginya adalah peringkat ketiga Piala Asia U-19 tahun 1966.

Berbeda dengan Indonesia yang otomatis lolos ke putaran final karena berstatus tuan rumah, ketiga tim lain di Grup A terlebih dahulu menempuh babak kualifikasi. UEA dan Qatar sama-sama juara grup di babak kualifikasi, sementara Taiwan adalah salah satu dari lima runner-up terbaik.

Bertemu tim-tim berpengalaman adalah tantangan tersendiri bagi pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Namun ia optimistis Garuda Muda akan mampu lolos ke babak sistem gugur, bahkan menembus target ke semifinal Piala Asia tahun ini.

"Sebanyak 16 tim di Piala Asia ini merupakan tim tangguh. Akan tetapi, tidak ada yang tidak mungkin. Tugas kami saat ini adalah mempersiapkan diri untuk lolos dari babak grup sembari mengantisipasi Grup B yang menjadi lawan di perempat final kalau kami melaju," kata Indra dikutip Antara.

Demi persiapan Piala Asia U-19, Timnas Indonesia U-19 akan mengadakan pemusatan latihan di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta pada 19-27 Mei 2018.

Berikut hasil undian grup Piala Asia U-19 2018 pada Jumat (18/5).

Grup A: Indonesia, Uni Emirat Arab, Qatar, Taiwan.

Grup B: Jepang, Irak, Taiwan, Korea Utara.

Grup C: Vietnam, Korea Selatan, Australia, Yordania.

Grup D: Arab Saudi, Tajikistan, China, Malaysia.

Baca juga artikel terkait TIMNAS U-19 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Hard News)

Sumber: antara
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
a