Timnas Amin Pilih Maksimalkan Tim Daerah Dibanding Influencer

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 30 Nov 2023 14:48 WIB
Timnas Amin lebih memilih pendekatan langsung ke masyarakat dalam skala kecil, yaitu dengan memaksimalkan peran juru bicara dan tim pemenangan daerah.
tirto.id - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin), Billy David Nerotumilena, mengungkapkan pihaknya tak memiliki pendekatan khusus dengan pesohor ataupun pemengaruh (influencer) dalam memenangkan Anies-Muhaimin.

Timnas Amin, kata Billy, memang memiliki sejumlah pesohor atau influencer, namun jumlahnya tak sebanyak pasangan capres-cawapres lainnya. Billy mengatakan Timnas Amin lebih memilih pendekatan langsung ke masyarakat dalam skala kecil.

"Influencer Timnas Amin mungkin tidak sebanyak tim lain. Tetapi pendekatan adalah small but giants," kata Billy saat dihubungi Tirto pada Kamis (30/11/2023).

Billy merasa kehadiran juru bicara seperti dirinya dalam skala daerah lebih efisien saat mengkampanyekan Anies-Muhaimin. Cara seperti itu dinilai lebih menunjukkan kedekatan antara juru bicara dengan warga lokal baik secara personal maupun isu yang akan disampaikan.

"Dengan komposisi tim pemenangan daerah dan jubir muda yang merupakan representasi dari daerah. Saya rasa efek lokalitasnya akan lebih kuat untuk menimbulkan efek elektoral," kata dia.

Dirinya juga membantah Timnas Amin berupaya melakukan pendekatan masif dengan influencer tertentu. Salah satu yang diisukan adalah kedekatan Raffi Ahmad dengan Wakil Bendahara Umum Partai Nasdem, Rajiv. Menurutnya kedekatan dua orang itu hanya bersifat personal dan tak ada kaitan dengan Timnas Amin.

"Tapik kalau Mas RA (Raffi Ahmad) bisa bergabung tentu efeknya luar biasa bagi Amin. Karena Mas RA pernah support Pak Anies ketika maju Pilkada DKI 2017," kata dia.

Hingga saat ini ada sejumlah influencer baik artis, selebgram maupun tokoh berpengaruh lain yang mendukung Anies-Muhaimin. Di antaranya terdapat eks Komisioner KPK, Bambang Widjajanto; eks Ketua MK, Hamdan Zoelva; hingga artis Ramzi.



Baca juga artikel terkait ANIES-MUHAIMIN atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight