Tim Penyelam Temukan Pakaian Anak & Serpihan Pesawat Sriwijaya Air

Oleh: Adi Briantika - 10 Januari 2021
Para penyelam menemukan pelat besi sepanjang 3 meter di kedalaman 16 meter, serpihan badan dan mesin pesawat, serta hidrolik kabin penumpang.
tirto.id - Tim penyelam gabungan menemukan pakaian anak-anak dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (10/1/2020). Temuan itu telah diserahkan kepada Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman selaku SAR Mission Coordinator.

"Barang bukti berupa serpihan ban pesawat dan pakaian anak-anak," ujar Komandan KRI Kurau Mayor Nurochim, dalam keterangan tertulis.

Selanjutnya, Detasemen Jalamangkara menemukan pelat besi sepanjang 3 meter di kedalaman 16 meter, serpihan badan dan mesin pesawat, serta hidrolik kabin penumpang. Hingga kini, tim gabungan masih menyusuri koordinat Last Know Position (LKP) kawasan jatuhnya pesawat.

Tim penyelam Kopaska juga menemukan pecahan pesawat, rompi pelindung, warna bagian dari pesawat, bagian registrasi pesawat. Benda-benda itu ditemukan di kedalaman 23 meter dari permukaan laut.

“Kami mendapatkan laporan dari tim penyelam bahwa visibility di dalam air baik dan jelas, sehingga memungkinkan ditemukannya sejumlah bagian dari pesawat," ucap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJ-182 hilang kontak pada Sabtu (9/1/2020) pukul 14.40 WIB. Pesawat diperkirakan jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.



Baca juga artikel terkait SRIWIJAYA AIR JATUH atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight