Pilpres 2019

Tim Kesehatan: Capres dan Cawapres Tidak Harus Sehat 100 Persen

Oleh: Lalu Rahadian - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Kalaupun ada beberapa penyakit tertentu, diyakinkan [kandidat] dapat menjalankan tugasnya selama 5 tahun."
tirto.id - Tim pemeriksa kesehatan calon presiden dan wakil presiden memastikan, kandidat di pemilu presiden 2019 tidak harus sehat 100 persen agar dapat lolos sebagai peserta. Para kandidat dapat dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu meski menderita penyakit.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Ilham Oetama Marsis berkata, tim pemeriksa kesehatan capres dan cawapres hanya bertugas melakukan tes dan mengeluarkan hasil untuk diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Hasil tes memungkinkan memuat sejumlah penyakit atau ketidakmampuan fisik serta rohani para kandidat.

"Kalaupun ada beberapa penyakit tertentu, diyakinkan [kandidat] dapat menjalankan tugasnya selama 5 tahun. Jadi tidak selalu yang bersangkutan itu misalnya bersih dari penyakit-penyakit tertentu. Tapi [yang penting] penyakit yang diderita tidak mengganggu tugasnya selama masa pemerintahan," kata Ilham di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Hasil detail pemeriksaan kesehatan kandidat tidak akan dibuka ke publik, namun hanya diberikan ke para capres dan cawapres. Setelah hasil tes kesehatan keluar, KPU RI akan menentukan apakah kandidat layak menjadi peserta pemilu atau tidak.

Pemeriksaan kesehatan kandidat di pemilu presiden 2019 dilakukan dalam 2 hari berbeda. Hari ini, tes dilakukan terhadap Jokowi-Ma'ruf. Pemeriksaan bagi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan digelar Senin (13/8/2018).

"Rekam medik itu adalah haknya pasien. Hasil ini pun kita sampaikan sebagai lampiran kepada KPU. Tapi sifatnya yang kita sampaikan di dalam hasil pemeriksaan itu ada kesimpulan, dan KPU yang menentukan," kata Ilham.

Penentuan penyakit-penyakit apa yang dianggap bisa mengganggu kandidat selama 5 tahun ke depan berdasarkan buku panduan teknis PB IDI. Berdasarkan Surat Keputusan KPU RI Nomor 1004/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2018, ada 16 jenis pemeriksaan kesehatan yang akan dijalani setiap kandidat di pemilu presiden. Lama masing-masing jenis pemeriksaan berbeda-beda, mulai dari 10 hingga 90 menit.

Saat ini, Jokowi dan Ma'ruf Amin telah mulai diperiksa. Mereka telah menjalani pemeriksaan rontgen, cek darah, gigi, USG, urin.

"Tadi sudah diperiksa, dokter sudah melakukan pemeriksaan," ujar Jokowi saat keluar mengenakan pakaian medis sebelum kembali dites kesehatannya.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Yulaika Ramadhani