tirto.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan layanan khusus pemesanan tiket Kereta Cepat Whoosh untuk perjalanan rombongan lewat aplikasi perpesanan WhatsApp.
Sekretaris PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan layanan ini untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan rombongan Jakarta-Bandung pulang-pergi (pp) menggunakan Whoosh.
"Sejak beroperasi secara komersil pada 17 Oktober 2023 hingga 18 November 2023, KCIC telah melayani sekitar 670 permintaan perjalanan rombongan dengan total penjualan tiket yang dipesan pada perjalanan rombongan sekitar 54.000 kursi," kata Eva dalam keterangan tertulis, Senin (20/11/2023).
Menurut Eva, penyediaan layanan khusus pemesanan perjalanan rombongan atau grup lewat whatsapp ini merupakan peningkatan layanan penumpang yang terus dilakukan KCIC. Hal itu agar dapat memberikan kemudahan pada masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat Whoosh.
Pemesanan perjalanan rombongan lewat nomor Whatsapp ini memiliki ketentuan minimal 20 penumpang. Eva mengatakan masyarakat yang memiliki rencana untuk melakukan perjalanan rombongan seperti liburan, gathering, study tour atau aktivitas lainnya tidak akan kesulitan mendapatkan tiket kereta cepat Whoosh.
Pembelian tiket daring saat ini hanya berlaku untuk maksimal 5 orang dalam satu kali pemesanan. Dengan layanan lewat WhatsApp, masyarakat yang ingin berangkat dengan jumlah peserta perjalanan yang banyak bisa memastikan keberangkatan dengan pemilihan kursi yang berdekatan.
“Dengan melakukan pemesanan secara grup maka calon penumpang tidak perlu repot memesan tiket dengan menggunakan beberapa akun atau khawatir mendapatkan tempat duduk yang terpisah dengan grupnya. Cukup menghubungi nomor whatsapp yang telah disediakan, selanjutnya petugas akan membantu masyarakat mendapatkan tiket Kereta Cepat Whoosh untuk perjalanan rombongan,” kata Eva.
Adapun cara melakukan pemesanan grup atau rombongan dengan Kereta Cepat Whoosh adalah sebagai berikut.
1. Menghubungi nomor WhatsApp 0813-4000-2920
2. Pemesanan bisa dilakukan mulai H-10 hari keberangkatan
3. Menyediakan tanggal dan rute perjalanan. Lengkap dengan informasi perjalanan satu kali jalan atau pulang pergi.
4. Menyediakan jumlah dan data penumpang yang akan mengikuti perjalanan serta kelas yang diinginkan.
5. Melakukan pembayaran.
Calon penumpang hanya perlu melakukan satu kali pemesanan untuk seluruh anggota, sehingga proses pemesanan menjadi lebih singkat dan mudah. Eva meminta calon penumpang menyiapkan data-data yang dibutuhkan agar petugas bisa dengan cepat mengakomodasi kebutuhan untuk perjalanan rombongan.
“KCIC menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan perjalanan rombongan menggunakan Kereta Cepat Whoosh agar berhati-hati dengan segala bentuk penipuan terkait pemesanan tiket serta tidak melakukan pembelian di luar kanal-kanal resmi KCIC untuk menghindari kerugian yang diakibatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Whoosh,” ucap Eva.
Eva menegaskan bahwa pemesanan tiket rombongan hanya bisa dilakukan dengan tata cara yang disediakan oleh KCIC, yakni melalui saluran nomor Whatsapp, sementara untuk pemesanan mandiri hanya bisa dilakukan melalui saluran resmi seperti aplikasi Whoosh Kereta Cepat, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, dan BRImo.
Penulis: Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Gilang Ramadhan