KTT ASEAN ke-43 Jakarta

Tiba di KTT ASEAN, Xanana Gusmao Cium Tangan Ibu Negara Iriana

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 5 Sep 2023 11:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
PM Timor Leste Xanana Gusmao menarik perhatian publik dengan mencium tangan Ibu Negara Iriana Widodo saat tiba di lokasi KTT ASEAN ke-43.
tirto.id - Sejumlah petinggi negara ASEAN sudah mulai mendatangi lokasi KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (5/9/2023). Di antara para pemimpin yang hadir, PM Timor Leste Xanana Gusmao menarik perhatian publik dengan mencium tangan Ibu Negara Iriana Widodo saat tiba di lokasi.

Dalam pantauan Tirto hingga pukul 10.09 WIB, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone tiba paling awal pada pukul 09.35 WIB. Ia datang bersama istri. Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Widodo yang mengenakan kerudung biru langsung menyambut kedatangan kedua negara.

Sementara itu, PM Kamboja Hun Manet datang pada pukul 09.37 WIB. Hun yang mengenakan jas berkemeja putih datang bersama istri yang mengenakan pakaian biru.

Sementara itu, pihak yang hadir dari Thailand adalah ketua delegasi Sarun Charoensuwa. Sarun yang merupakan sekretaris SOM Leader Thailand datang pada pukul 09.38 WIB. Jokowi pun terlihat berbincang dengan Presiden Jokowi sebelum memasuki ruangan. Menteri Luar Negeri Retno pun terlihat bersalaman dengan Sarun.

Setelah delegasi Thailand tiba di lokasi, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr tiba pada 09.40 WIB. Ia datang dengan didampingi Ibu Negara Louise Marcos yang mengenakan gaun merah.

PM Singapura Lee Hsien Loong tiba pada pukul 09.42 WIB usai kedatangan Ferdinand Marcos Jr. Ia datang bersama istri yang mengenakan baju berwarna hijau. Jokowi dan ibu negara langsung menyapa dan berfoto bersama. Terlihat Ibu Iriana sempat berpelukan dengan Istri Lee.

Setelah itu, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim tiba di JCC bersama istri pada pukul 09.43 WIB. Anwar dan istri pun langsung bersalaman dengan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana yang menunggu di dalam gedung. Dalam pantauan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pun ikut menyambut Anwar.

Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh datang sendiri pukul 09.45 WIB. Ia datang bersama istri. Jokowi pun menyambut bersama Iriana Widodo.

Usai PM Vietnam, PM Timor Leste Xanana Gusmao datang pukul 09.47 WIB. Ia datang sendiri dengan mengenakan dasi biru. Ia pun datang mencium tangan ibu negara Iriana Widodo.

Setelah kedatangan Xanana, PM Cooks Island Mark Brown tiba pukul 09.48 WIB sendirian. PM Mark pun terlihat bersalaman erat dengan Jokowi yang sudah berada di lokasi.

Setelah itu, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin. Ia tiba bersama istri di JCC pada pukul 09.50 WIB. Setelah itu, Sultan Brunei Darussalam Hassbnal Bolkiah tiba sekitar pukul 09.53 WIB. Ia datang bersama anaknya, Pangeran Abdul Mateen.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, para pemimpin ASEAN telah tiba di Indonesia sejak 4 September 2023 lalu. Dalam catatan per Senin 4 September 2023, petinggi negara yang hadir PM Mark dari Kepulauan Cook yang juga delegasi Ketua Pasific Island Forum, PM Timor Leste Xanana Gusmao, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Kamboja Hun Manet PM Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin, dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos.

Sementara itu, sejumlah pemimpin negara lainnya seperti Amerika Serikat, India, Rusia, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok, Republik Korea, Jepang, Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Selasa (5/9/2023) atau Rabu (6/9/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa 22 negara yang terdiri atas 11 negara ASEAN dan 9 negara mitra akan hadir pada KTT ASEAN di Jakarta. Selain itu, Retno juga mengonfirmasi bahwa sejumlah organisasi internasional akan turut hadir dalam gelaran KTT ini.

“Plus organisasi internasional yang menjadi mitra ASEAN yaitu PBB, Sekjen PBB akan hadir, plus akan hadir juga World Bank, IMF, kemudian World Economic Forum, tadi IORA, PIF. Jadi totalnya ada 22 negara plus 9 organisasi internasional,” kata Menlu Retno dalam keterangan yang diterima, Senin (4/9/2023).


Baca juga artikel terkait KTT ASEAN atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri

DarkLight