"The Great Gatsby" akan Diadaptasi ke Versi Animasi

Oleh: Dede Mudopar - 23 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Novel "The Great Gatsby" akan diadaptasi ke versi animasi dan saat ini sedang dalam pengerjaan.
tirto.id - Novel masterpiece The Great Gatsby karya F. Scott Fitzgerald akan diadaptasi ke versi animasi dan saat ini sudah masuk dalam tahap pengerjaan.

Sebagaimana dilansir dari Hollywood Reporter, The Great Gatsby sedang dalam pengembangan sebagai fitur animasi yang dipimpin oleh William Joyce dan dianimasikan oleh cabang animasi dari VFX house DNEG (Tenet).

Dalam proyek tersebut, bergabung juga Brian Selznick sebagai penulis skenario. Selznick pernah menulis naskah dan mengadaptasi Wonderstruck pada tahun 2017.

Sedangkan dari pihak DNEG Feature Animation sebagai penyedia layanan animasi, bergabung Michael Siegel dan Wakil Presiden Senior Produksi Kreatif DNEG David Prescott sebagai produser dalam pengerjaan proyek tersebut.

Adaptasi novel The Great Gatsby ke dalam animasi merupakan yang pertama kalinya sejak novel itu dipublikasikan pada 1925.

Terakhir kali novel ini diadaptasikan menjadi film pada tahun 2013 dengan judul yang sama. Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Carey Mulligan dan Joel Edgerton ini berada di bawah arahan sutradara Baz Luhrmann.

Sejak perilisannya pada Mei 2013, film The Great Gatsby telah berhasil meraup pendapatan sebesar 353,6 juta dolar AS. Film ini juga memenangkan Piala Oscar untuk desain produksi dan desain kostum terbaik.

“Gatsby terus memberikan mantra yang kuat kepada pembaca tidak seperti buku lain dalam surat-surat Amerika. Sebagian besar kekuatan Gatsby berasal dari pesona prosa Fitzgerald," ujar William Joyce seperti dikutip dari Variety.

Menurut Joyce, Gatsby menciptakan pemandangan mimpi yang hidup yang, sampai taraf tertentu, telah luput dari para pembuat film sejak era film bisu.

"Versi film sebelumnya dibatasi oleh aksi langsung, tetapi animasi inovatif akhirnya dapat mewujudkan kualitas novel yang sulit dipahami," lanjutnya.

William Joyce sendiri merupakan peraih Academy Award tahun 2012 untuk film pendeknya yang berjudul The Fantastic Flying Books of Mr. Morris Lessmore. Selain itu dia juga menulis untuk film Epic, Rise of the Guardians dan Meet the Robinsons.

DNEG Feature Animation dengan Joyce juga sedang berkerja sama dalam pembuatan film animasi pendek berjudul Mr. Spam Gets a New Hat.

Animasi ini dibuat menggunakan teknik produksi virtual. Teknik serupa juga akan digunakan dalam produksi pembuatan The Great Gatsby.

Novel The Great Gatsby karya Fitzgerald telah diadaptasi beberapa kali untuk film dan televisi untuk pertama kalinya pada tahun 1926.

Selain diadaptasi ke film yang dirilis pada 2013, pada 1974 novel ini pernah diadaptasi ke dalam film yang dibintangi oleh Robert Redford dan Mia Farrow, serta berhasil memenangkan penghargaan desain kostum dan musik terbaik dalam ajang Piala Oscar 1975.

Selain akan diadaptasi ke format animasi, The Great Gatsby juga akan diadaptasi menjadi serial televisi.

Serial tersebut akan ditulis oleh Michael Hirst dan akan diproduksi oleh A+E Studios yang telah memiliki hak atas novel tersebut selama beberapa dekade.


Baca juga artikel terkait THE GREAT GATSBY atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Dhita Koesno
DarkLight