Sinopsis I Am Number Four, Film Adaptasi Serial Novel Fiksi Ilmiah

Oleh: Ayub Rustiani - 16 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
I Am Number Four adalah film fiksi ilmiah bergenre aksi petualangan, yang diangkat dari serial novel fantasi. Film ini diproduseri oleh Michael Bay.
tirto.id - I Am Number Four merupakan film fiksi ilmiah bergenre aksi petualangan, yang tayang perdana pada Februari 2011 di AS. Kisah film ini diangkat dari bagian serial novel fantasi The Lorien Legacies karya Pittacus Lore.

I Am Number Four (2011) mengusung sejumlah bintang muda pada masa itu, seperti: Alex Pettyfer, Teresa Palmer, Dianna Agron, dan Callan McAuliffe. Juga beberapa aktor paruh baya semisal Timothy Olyphant, serta Kevin Durand yang turut membintangi X-Men Origins: Wolverine (2009) dan Resident Evil: Retribution (2012).

Film berdurasi 1 jam 51 menit itu disutradarai oleh D.J Caruso, dengan penulisan naskah yang merupakan hasil kerja kolaborasi 3 orang: Alfred Gough, Miles Millar, dan Marti Noxon. I Am Number Four (2011) juga membawa nama besar Michael Bay sebagai produser.

Film keluaran DreamWorks Pictures, Reliance Entertainment, dan Bay Films itu diproduksi dengan anggaran 60 juta dolar. Namun mampu meraup hampir 150 juta dolar dari hasil pemutaran di seluruh dunia. Sedangkan bertindak sebagai distributor adalah Walt Disney Studios.

I Am Number Four (2011) mendapat rating 6,1/10 dari 227.679 penilai di situs IMDb. Sementara Rotten Tomatoes mengganjar dengan nilai 33 persen untuk tomatometer dan 57 persen dari penonton umum.


Sinopsis Film I Am Number Four

Film I Am Number Four (2011) berkisah tentang petualangan seorang anak pilihan dari Planet Lorien, yang bernama John (Alex Pettyfer).

John bersama sang penjaga Henri (Timothy Olyphant) mendarat di Bumi demi melarikan diri dari kejaran kaum Megadorian, yang berusaha membunuh mereka. Untuk mengaburkan identitas di Bumi, Henri lantas mengidentifikasikan dirinya sebagai orang tua John.

John bukanlah satu-satunya anak pilihan dari Planet Lorian yang dikirim ke Bumi, karena sejatinya mereka total berjumlah 9 orang. Sementara John merupakan anak dengan urutan nomor 4.

Dalam mengejar buruannya, kaum Megadorian melakukannya sesuai urutan nomor. Dikisahkan bahwa anak nomor 1, 2, dan 3, telah berhasil dibunuh. Oleh karenanya, saat ini John alias si nomor 4 menjadi target buruan berikutnya.

Demi menghindar dari kejaran Megadorian, John dan Henri kerap berpindah tempat tinggal. Terakhir, mereka memutuskan pindah dari bungalo di tepi pantai Florida, ke sebuah daerah pertanian tua di Ohio.

Di lingkungan barunya, John lantas bersahabat dengan seorang remaja lain bernama Sam Goode (Callan McAuliffe). Di kota kecil tersebut, John juga jatuh hati kepada Sarah Hart (Dianna Agron).

Konflik tercipta lantaran Sarah ternyata memiliki mantan kekasih seorang atlet football bernama Mark James (Jake Abel). Perselisihan dengan Mark akhirnya sempat memaksa John menggunakan kekuatan istimewanya demi melindungi diri sendiri dan kawan-kawannya.

Tindakan gegabah John lantas memicu kecurigaan sejumlah pihak, termasuk ayah Mark yang juga menjadi sheriff di daerah tersebut.

Henri yang merasa keberadaan mereka sudah tercium oleh kaum Megadorian, lantas mengusulkan untuk segera pindah dari Ohio. Namun John menolak usulan itu lantaran bakal memisahkan dirinya dengan Sarah Hart.

Singkat cerita mereka bertahan di kota itu, dan memutuskan untuk melawan kaum Megadorian. Saat bertempur, John dibantu oleh Sam dan Henri. Mereka juga mendapat bantuan dari seorang misterius yang menyebut dirinya Six.

Sesuai dengan namanya, Six sesungguhnya adalah anak Planet Lorien nomor 6. Mereka lantas saling bahu membahu untuk menghadapi Megadorian.


Film I Am Number Four (2011) mendapat ulasan yang beragam. Sejumlah pihak menganggap perpaduan aksi dan romansa anak muda dalam film ini seakan memanfaatkan momentum kesuksesan serial waralaba Twilight pada masa itu.

I Am Number Four cerita anak muda yang menarik, menggema dengan campuran aksi dan romansa gelap yang sama, seperti kisah vampire mega-waralaba Twilight,” tulis Los Angeles Times dalam ulasannya.

Sementara yang lain secara umum menganggap tak ada hal istimewa dan unik yang ditawarkan oleh film I Am Number Four (2011).

“Cerita aksi I Am Number Four secara umum sangat familiar, menampilkan remaja yang memiliki keluatan super untuk melawan pasukan jahat yang ingin mengacaukan dunia,” ulas Associated Press.

“Film anak SMU dengan sentuhan fiksi ilmiah yang meraba kesempatan emas, untuk memberi dimensi tambahan pada konflik remaja,” jelas Kirk Honeycutt di Hollywood Reporter.


Baca juga artikel terkait I AM NUMBER FOUR atau tulisan menarik lainnya Ayub Rustiani
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ayub Rustiani
Penulis: Ayub Rustiani
Editor: Oryza Aditama
DarkLight