Tema Hari Perawat Nasional 17 Maret 2022 dan Cara Memperingati

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 16 Mar 2022 13:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Hari Perawat Nasional 2022: tema dan sejarah peringatan.
tirto.id - Hari Perawat Nasional diperingati pada 17 Maret setiap tahun. Penetapan tanggal Hari Perawat Nasional bertepatan dengan hari lahir Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Sejak 17 Maret 1974, PPNI telah berdiri sebagai organisasi profesi perawat yang juga memiliki peran dalam pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Menurut Surat Edaran DPP PPNI tentang Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT), tema Hari Perawat Nasional 2022 adalah "Perawat Bersama Rakyat Menuju Bangsa Sehat Bebas dari Covid-19".

Peringatan Hari Perawat Nasional dilakukan untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan perawat di seluruh Indonesia.


Cara Memperingati Hari Perawat Nasional 2022


Untuk memperingati Hari Perawat Nasional ke-48, seluruh pengurus PPNI dari tingkat Provinsi sampai dengan Komisariat akan mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Edukasi Vaksinasi COVID-19 dan Vaksinasi Booster kepada masyarakat dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Seluruh Pengurus PPNI dan perawat Indonesia diminta untuk menyemarakkan Ulang Tahun ke-48 PPNI baik di dalam dan luar Negeri menggunakan logo, sambutan ketua umum DPP PPNI dan Twibbon HUT ke-48 pada tautan berikut https://www.twb.nz/hut48ppni.

DPP PPNI akan melaksanakan kegiatan Puncak HUT PPNI pada 17 Maret 2022 di Jakarta melalui virtual dalam bentuk Webinar Internasional dengan tema "Nurses together with Community towards a Healthy Nation Free from Covid-19".


Sejarah Hari Perawat Nasional 2022


Sejarah Hari Perawat Nasional 2022 tak bisa lepas dari berdirinya organisasi perawat yaitu Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 1974.

PPNI merupakan satu-satunya organisasi profesi yang mewadahi seluruh perawat di Indonesia. PPNI hadir sebagai wadah pembuatan kebijakan, pemersatu, pembina, pengembang, dan pengawas keperawatan di Indonesia.

PPNI selaku organisasi profesi perawat merupakan perwujudan semangat profesi keperawatan. Seluruh pelayanan keperawatan pada intinya berfokus pada menjaga dan meningkatkan status kesehatan keluarga dan masyarakat.

"Maka perlulah kita peringati bersama di hari yang berbahagia ini, atas keteguhan semangat kita bersama sehingga organisasi PPNI dapat berdiri 48 tahun lamanya," ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat PPNI, Harif Fadillah.


Baca juga artikel terkait HARI PERAWAT NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight