Tema Hari Anak Sedunia 2020: Menata Kembali Masa Depan Anak

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tema Hari Anak Sedunia 2020 yang diperingati pada 20 November.
tirto.id - Hari Anak Sedunia atau Hari Anak Internasional diperingati pada 20 November setiap tahun. United Nations Children's Fund (UNICEF) organisasi PBB yang bergerak di bidang hak-hak anak mengambil tema "A day to reimagine a better future for every child" untuk Hari Anak tahun ini.

Dalam bahasa Indonesia, tema ini berarti satu hari yang dipakai untuk membayangkan atau membentuk kembali masa depan yang lebih baik bagi setiap anak.

Hari Anak Sedunia adalah hari aksi tahunan UNICEF untuk anak-anak, oleh anak-anak. Tahun ini, COVID-19 telah mengakibatkan krisis hak-hak anak. Pandemi bagi anak-anak berdampak langsung, dan jika tidak ditangani, dapat berdampak seumur hidup.

Sudah waktunya bagi generasi untuk berkumpul bersama untuk menata kembali jenis dunia yang ingin kita ciptakan bagi anak-anak. Pada 20 November, anak-anak akan membayangkan kembali dunia yang lebih baik.

Hari Anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada tahun 1954 dengan tanggal perayaan pada 20 November setiap tahun. Hari ini dibuat untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak.

20 November diambil sebagai Hari Anak karena pada tahun 1959, Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak Anak. Ini juga merupakan tanggal pada tahun 1989 ketika Sidang Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Sejak 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan tanggal Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

Infografik Hari Anak Sedunia
Infografik Hari Anak Sedunia. tirto.id/Fuadi


Para ibu dan ayah, guru, perawat dan dokter, pemimpin pemerintahan dan aktivis masyarakat sipil, para pemuka agama dan komunitas, tokoh perusahaan dan profesional media, serta kaum muda dan anak-anak itu sendiri, dapat memainkan peran penting dalam membuat Hari Anak Sedunia relevan.

Hari Anak Sedunia menawarkan kepada kita pintu masuk yang penuh inspirasi untuk mengadvokasi, mempromosikan dan merayakan hak-hak anak, diterjemahkan ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak.

Pada Hari Anak Sedunia 2020 ini, UNICEF menyerukan pada para orang tua dan pemerintah untuk memastikan enam poin rencana untuk anak ini terpenuhi.

1. Pastikan semua anak belajar, termasuk dengan menutup kesenjangan digital.

2. Jamin akses ke layanan kesehatan, gizi, dan membuat vaksin terjangkau dan tersedia untuk setiap anak.

3. Dukung dan lindungi kesehatan mental anak-anak dan remaja. Akhiri pelecehan, kekerasan berbasis gender, dan penelantaran di masa kanak-kanak.

4. Tingkatkan akses ke air bersih, sanitasi, dan atasi degradasi lingkungan dan perubahan iklim.

5. Setop peningkatan kemiskinan yang berdampak pada anakdan memastikan pemulihan inklusif untuk semua.

6. Menggandakan upaya untuk melindungi dan mendukung anak-anak dan keluarganya yang hidup di tengah konflik, bencana dan pengungsian.



Baca juga artikel terkait HARI ANAK SEDUNIA 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight