Menuju konten utama

Telkom Klaim Koneksi Internet Telkom sampai Indihome Sudah Normal

Layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini.

Telkom Klaim Koneksi Internet Telkom sampai Indihome Sudah Normal
fasilitas layanan di custumer service di plasa telkom, jakarta. indihome merupakan layanan triple play dari telkom yang terdiri dari internet on fiber atau high speed internet, phone (telepon rumah), dan tv kabel. tirto/andrey gromico

tirto.id - Layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pasca terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan ruas Batam - Pontianak mulai sekitar pukul 17.33 WIB kemarin (19/9/2021).

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini.

"Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," jelas dia, menjawab pertanyaan Tirto melalui keterangan tertulis, Senin (20/9/2021).

Sementara gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal.

Pujo lantas mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu menggunakan layanan TelkomGroup.

"Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan," jelas dia.

Sebelumnya, sinyal Telkomsel hingga Indihome mengalami gangguan sejak Minggu sore, (19/9/2021). Bahkan gangguan koneksi tersebut masih berlangsung hingga pagi ini. SVP Corporate Communication & Investor Relation PT Telkom, Ahmad Reza mengkonfirmasi, memang ada gangguan koneksi internet yang disebabkan adanya hambatan teknis di jaringan kabel laut milik Telkom.

"Telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan ruas Batam - Pontianak hari ini (19/7) mulai sekitar pukul 17.33 WIB yang berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia," jelas dia dalam keterangan resmi yang diterima Tirto.

Baca juga artikel terkait INDIHOME atau tulisan lainnya dari Selfie Miftahul Jannah

tirto.id - Bisnis
Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Restu Diantina Putri