Tekan Dampak Corona, Erick Desak Bank BUMN Pangkas Bunga Kredit

Oleh: Hendra Friana - 20 Maret 2020
Erick Thohir minta bank-bank BUMN turunkan suku bunga kredit demi tekan dampak corona terhadap perekonomian.
tirto.id - Menteri BUMN Erick Thohir mendesak bank-bank pelat merah yang tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) untuk segera menurunkan suku bunga kredit.

Terutama, kata dia, kredit bagi usaha kecil menengah (UKM) yang mulai terdampak wabah corona atau COVID-19.


"Bank BUMN segera turunkan suku bunga UKM karena banyak UKM terdampak [corona]," kata Erick Thohir di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Erick juga mengatakan bahwa kementeriannya telah mengajukan permohonan kepada Otoritas Jasa keuagangan agar sektor-sektor usaha yang terdampak corona bisa mendapat keringanan kredit.

Beberapa sektor usaha di antaranya bergerak di bidang pariwisata, seperti perhotelan, restoran hingga penerbangan.

"Kita ajukan ke OJK relaksasi sektor terdampak sepeti hotel pariwisata penerbangan restoran dll yang punya pinjaman kepada bank BUMN. Ini untuk memastikan ekonomi tetap berjalan," ucapnya.

Menurut Erick, perusahan-perusahaan BUMN termasuk sektor perbankan harus rela tergerus pendapatannya demi menstimulus perekonomian. Paling tidak, kata dia, hingga pandemi corona bisa ditekan.

"Banyak juga pertanyaan mengenai bagaimana pendapatan BUMN. Hari ini memang kita harus siap rugi pada hari ini. Bukan rugi rugian tapi kondisinya di dunia seperti ini," ucapnya.


Baca juga artikel terkait BANK BUMN atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Hendra Friana
Editor: Hendra Friana
DarkLight