Shopee Liga 1 2019

Teco Ukir Sejarah Usai Bawa Persija & Bali United Juara Liga 1

Oleh: Iswara N Raditya - 3 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Teco mengukir sejarah setelah membawa Bali United juara Liga 1 2019.
tirto.id - Bali United dipastikan merengkuh gelar juara Shopee Liga 1 2019 setelah membekuk tuan rumah Semen Padang dengan skor 0-2 pada Senin (3/12/2019) kemarin. Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengukir sejarah karena musim sebelumnya juga mengantarkan Persija Jakarta meraih juara Liga 1 2018.

Dua gol Bali United atas Semen Padang diborong oleh striker naturalisasi, Ilija Spasojevic. Kemenangan ini membuat Laskar Tridatu mengoleksi 63 poin dari 30 laga yang sudah tidak bisa dikejar oleh tim lain, termasuk Borneo FC yang berada di urutan kedua dan ditahan imbang 2-2 oleh PSM Makassar di saat yang sama.

Kesuksesan Bali United di Padang juga menjadi torehan istimewa bagi sang pelatih. Stefano Cugurra Teco secara berturut-turut mengantarkan klub yang dibesutnya menjadi juara Liga 1 setelah prestasi serupa yang diraihnya bersama Persija Jakarta musim lalu.

Dengan demikian, Teco menjadi satu-satunya pelatih dalam sejarah sepakbola tanah air yang mampu membawa dua klub berbeda meraih juara kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia dalam dua musim berturut-turut.


Persebaya, Persija, Kini BaliUnited

Teco sebenarnya juga sempat turut merengkuh gelar juara Liga Indonesia edisi 2004 bersama Persebaya Surabaya. Hanya saja, kala itu ia adalah pelatih fisik tim Bajul Ijo yang dibesut oleh Jacksen F Tiago selaku pelatih kepala.

Jacksen F Tiago sendiri selama karier kepelatihannya di Indonesia sudah mempersembahkan 4 trofi juara Liga Indonesia. Selain bareng Persebaya pada 2004, pelatih asli Brasil ini juga mengantarkan Persipura Jayapura menjadi kampiun Indonesia Super League (ISL) musim 2008/2009, 2010/2011, dan 2012/2013.

Perkenalan Teco dengan persepakbolaan Indonesia juga tidak lepas dari peran Jacksen F Tiago. Pelatih yang kini kembali membesut Persipura inilah yang mengajak Teco untuk membantunya saat di Persebaya pada 2004.


Sebelumnya, pada 2003, Teco menjadi pelatih fisik di klub Arab Saudi, Al-Najmah, kemudian pindah ke klub Singapura, CPSA, sebagai direktur teknik sebelum diminta Jacksen F Tiago ke Persebaya.

Teco selanjutnya sempat cukup lama melanjutkan karier di Thailand. Hingga pada 2017 ia kembali ke Indonesia setelah ditunjuk sebagai pelatih Persija. Di musim pertamanya, Teco membawa tim Macan Kemayoran finish di peringkat 4.

Pelatih yang beristrikan perempuan asli Indonesia ini kemudian meraih juara Liga 1 2018 bersama Persija, juga mengantarkan tim ibu kota merengkuh gelar Piala Presiden 2018 serta juara turnamen Boost Sports Super Fix 2018 di Malaysia.

Namun, setelah musim kompetisi 2018 yang dituntaskan dengan kegemilangan usai, Teco justru berpisah jalan dengan Persija. Ia lalu digaet Bali United yang langsung dibawanya merengkuh trofi juara Liga 1 2019.


Baca juga artikel terkait LIGA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight