Tantangan Alex Rins Raih Start Bagus di MotoGP Catalunya 2019

Oleh: Permadi Suntama - 14 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Alex Rins punya tantangan tersendiri di MotoGP Catalunya 2019, yaitu meraih posisi start yang ideal.
tirto.id - Selalu memulai balapan dari posisi start yang kurang menguntungkan di MotoGP 2019 tak membuat Alex Rins tampil buruk. Dalam 6 seri MotoGP 2019, pembalap berkebangsaan Spanyol itu sudah meraih satu gelar juara seri dan sekali podium. Ia pun hanya tercatat sekali finis di luar 5 besar.

Menariknya, pembalap andalan Suzuki ECSTAR itu tak pernah memulai balapan dari posisi istimewa. Start terbaiknya adalah posisi ke-7 di MotoGP Amerika Serikat. Ketika itu, Rins berhasil menyelesaikan lomba sebagai juara seri.

Berkat hasil yang ia torehkan Alex Rins saat ini berada di peringkat ke-3 klasemen MotoGP 2019 dengan 88 poin. Ia berjarak 27 poin dari Marc Marquez di posisi teratas, dan Andrea Dovizioso di peringkat ke-2 yang mengumpulkan 103 poin.

Dikutip dari situs web resmi MotoGP, Alex Rins yang berusia 23 tahun itu mengaku penasaran dengan Sirkuit Monster Energy de Catalunya. Menurut Rins, sirkuit tersebut memiliki karakteristik yang mirip dengan Mugello. Hal itu disebutnya sebagai keuntungan karena motor Suzuki GSX-RR memiliki karakter yang pas dengan Catalunya.

"Saya sangat penasaran untuk pergi ke Montmelo [Catalunya] karena dalam beberapa hal, sirkuitnya mirip dengan Mugello. Ini memiliki bagian yang sesuai dengan GSX-RR kami, jadi saya tiba di sini dengan percaya diri,” kata Rins.

“Di Italia, kami membuktikan bahwa kami bisa efektif dalam menyiapkan pengaturan yang baik untuk karakteristik [lintasan] semacam itu. Jadi, saya pikir kami sedang menuju balapan positif,” tambah pembalap yang musim lalu berada di posisi 5 klasemen akhir MotoGP tersebut.



Alex Rins menegaskan persiapannya dan tim Suzuki menuju Grand Prix Catalunya berjalan dengan baik. Suzuki diklaimnya sudah memiliki langkah khusus untuk memperbaiki performa motor yang kerap mengecewakan saat digeber untuk meraih catatan waktu perlap dalam kualifikasi.

"Segala sesuatunya berjalan dengan baik saat ini: perkembangan dan hasil kami baik. [Selain itu] Kami juga memiliki gagasan yang jelas, tempat kami memiliki peluang untuk lebih baik. Saya senang bisa ikut lomba di kandang sendiri [Sirkuit Catalunya, Spanyol]," tutur Rins memungkasi.

Dalam 6 seri yang sudah dijalani, Alex Rins selalu berhasil finis lebih baik dari posisi start. Selain posisi 4 di Mugello, yang diawali dengan start ke-13, Rins memulai start dari posisi ke-9 saat menjadi runner up di MotoGP Jerez. Sementara saat meraih hasil minor, yakni finis di posisi ke-10 di Le Man, ia memulainya dari posisi 19.

Dengan demikian, kendati memiliki hasil yang cukup bagus di tiap seri, Alex Rins layal memperbaiki catatan waktunya dalam kualifikasi MotoGP Catalunya untuk mendapat posisi start lebih baik.

Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus