Menuju konten utama

Syarat dan Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2021: IPDN, PKN STAN, STIS

Link, syarat dan cara daftar sekolah kedinasan di IPDN, PKN STAN dan STIS mulai 9 April 2021 di https://sscasn.bkn.go.id.

Syarat dan Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2021: IPDN, PKN STAN, STIS
Ilustrasi Laman Sekolah Kedinasan. foto/https://dikdin.bkn.go.id/

tirto.id - Pendaftaran sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Politeknik Keuangan Negara STAN dan Politeknik Statistika STIS dibuka mulai 9 April 2021 lewat https://sscasn.bkn.go.id.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2021 akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Oleh karena itu, para peserta yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2021 diminta agar dapat mengikuti UTBK tahun 2021.

Nilai UTBK yang akan dipakai adalah dari materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk semua kelompok ujian yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum), ataupun Campuran (Saintek dan Soshum).

Sebelum melakukan pendaftaran sekolah kedinasan, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumendokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah

4. Rapor SMA/Sederajat

5. Pas foto

6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Alur Pendaftaran IPDN 2021

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id;

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id;

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

4. Pelamar melakukan swafoto;

5. Pelamar memilih sesuai dengan nik domisili;

6. Pelamar melengkapi nilai;

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan;

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume);

9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah;

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi;

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih;

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian;

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi;

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi;

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.

Alur Pendaftaran PKN STAN 2021

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id;

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id;

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

4. Pelamar melakukan swafoto dan memilih sekolah kedinasan;

5. Pelamar mengisi nomor UTBK;

6. Pelamar melengkapi nilai dan biodata;

7. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume) dan mencetak Kartu; Pendaftaran

8. Pelamar melanjutkan proses pendaftaran, pembayaran dan pemilihan prioritas spesialis di portal http://spmb.pknstan.ac.id;

9. Pelamar mengecek hasil verifikasi dan status kelulusan;

10. Cetak kartu ujian;

11. Ujian seleksi;

12. Pengumuman.

Alur Pendaftaran STIS 2021

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id;

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id;

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

4. Pelamar melakukan swafoto;

5. Pelamar memilih sesuai dan memilih sekolah kedinasan;

6. Pelamar melengkapi nilai;

7. Pelamar melangkapi biodata;

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume) dan mencetak Kartu Pendaftaran;

9. Pelamar melanjutkan proses pendaftaran, pembayaran dan pemilihan prioritas spesialis di portal http://spmb.pknstan.ac.id;

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi dan status kelulusan;

11. Cetak kartu ujian;

12. Ujian seleksi;

13. Pengumuman.

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2021 atau tulisan lainnya dari Yantina Debora

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH