Sutradara Sam Mendes akan Garap Film Terbarunya, Empire Of Light

Oleh: Dede Mudopar - 7 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sam Mendes akan menggarap film baru dengan judul Empire Of Light yang dibintangi Olivia Colman.
tirto.id - Sutradara film 1917, Sam Mendes, akan menggarap karya terbarunya yang berjudul Empire Of Light. Dikutip dari Variety, dalam proyek film tersebut, Sam Mendes akan bekerja sama dengan Searchlight Pictures.

Film yang ditargetkan rilis pada musim gugur 2022 itu akan dibintangi oleh pemenang Oscar, Olivia Colman. Nama terakhir memenangkan kategori pemeran utama dalam Oscar 2019 karena perannya sebagai Queen Anne dalam film The Favourite.

Selain itu, Colman memperoleh banyak pujian berkat penampilannya di The Father yang membuat ia masuk nominasi Oscar 2021 untuk aktris pendukung terbaik.

Film Empire Of Light akan jadi proyek kerja sama pertama antara Colman dan Mendes. Sementara produksi film ini akan diawasi Matthew Greenfield, David Greenbaum, dan Katie Goodson-Thomas, yang merupakan petinggi Searchlight Pictures Inggris.

"Saya sudah lama mengagumi Searchlight dan cara mereka memproduksi serta merilis beberapa rilisan teater favorit saya beberapa tahun terakhir. Proyek ini sangat dekat dengan hati saya, dan saya sangat senang karena telah menemukan rumah yang ideal," ujar Mendes.

Empire Of Light akan menggambarkan kisah cinta dengan latar Pantai Selatan Inggris pada 1980-an. Mendes memproduksi film tersebut bersama Pippa Harris melalui Neal Street Productions.

Setelah ikut menulis skenario film 1917 bersama Krysty Wilson-Cairns, kali ini Mendes mengawali solo pertamanya sebagai penulis naskah.

Film Empire of Light juga akan mempertemukan kembali Mendes dengan Roger Deakins sebagai sinematografer yang memenangkan Oscar untuk karyanya dalam film 1917. Sebelumnya Mendes dan Deakins bekerja sama dalam film Skyfall dan Revolutionary Road.

Sebelumnya, film 1917 karya Mendes yang dirilis pada 2019 berhasil masuk ke beberapa nominasi dalam ajang Oscar 2020, dan memenangkan piala kategori Best Achievement in Cinematography, Best Achievement in Visual Effects, dan Best Achievement in Sound Mixing.

Film tentang Perang Dunia I tersebut juga menyabet penghargaan Best Motion Picture-Drama dalam ajang Golden Globe 2020. Di ajang yang sama, Mendes meraih penghargaan Best Director - Motion Picture.

Film 1917 tercatat meraup penghasilan sebesar 384 juta dolar AS dari pemutarannya secara global dan meraup meraup 159 juta dolar AS untuk penayangan domestik.

Baca juga artikel terkait FILM BARU atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight